Weekend Budget!

February 28, 2011

Waktu Gong Xi Fa Cai kemaren, kita sekeluarga ke PIM (jarang-jarang lhoo sekeluarga ke mall gini). Truus gue iseng nyatetin uang yang keluar hari itu. Ini dia listnya: 


- Lunch, GM = Rp 125,000. Ini termasuk murah lah ya, kalo makannya di Duck King, Bakerz Inn pasti udah 200an lebih 
- Yogen Fruz = Rp 20,000. Bagus cuma beli satu untuk rame-rame..hehehehe 
- Mango Dress = Rp 314,000. Untuk ibunya...I've been eyeing on this one since I saw Rani wearing it, and it was on sale from more than 1 million..so it's a good deal :P. 
- Gramedia = Rp 523,860. My weakness (out of my many weaknesses..sigh)...dan parah kalo buku karena nggak ngerasa terlalu bersalah. Padahal nggak sempet juga baca semuanya. 
- Popcorn = Rp 15,000. 
- Timezone = Rp 40,000. Kayanya ini tergolong lumayan murah karena anak-anak kalo main bisa sampe Rp 100,00an. 
- Food Hall = Rp 400,000. Ini niihh mestinya di Superindo aja. Tapi tanggung dong udah di sana, lagian kan (niatnya) cuma beli peanut butter aja
- Jessyln Cakes = Rp 40,000. Keluar dari Food Hall, Jibran minta beliin roti coklat. Ya nggak mungkinlah nggak dibeliin? Trus jadi sekalian deh beli beberapa roti buat sarapan besok. 
- Starbucks = Rp 32,500. Sebrangnya Jessyln Cakes itu Starbucks..dan pas jamnya gue ngopi. Otomatis nyebrang!. 
- Parkir = Rp 10,000 
- Uang makan supir = Rp 20,000 

Jadi, berapakah total kerusakan? Well yang grocery kita keluarin aja yaa...kan yang dibeli memang yang perlu buat bulanan, walaupun tempatnya nggak mesti di situ sih. Nah, tanpa Food Hall itu totalnya: Rp 1,140,360. Ihik...banyak juga yah... Gue jadi berpikir aja gimana keluarga-keluarga lain yang kalo weekend bisa dipastikan pergi ke mall. Berapa coba yang mesti dikeluarin?. Kan katanya sebaiknya..budget untuk kegiatan hura-hura ini kurang lebih 20% dari penghasilan. Berarti..kalo udah ngabisin segitu, paling enggak penghasilan perbulannya itu Rp 5,701,800 (ini bener kan ya itung-itungannya?). Itu kalo cuma sekali aja ke mallnya. Kalo misalnya 4 kali sebulan dengan expense yang kurang lebih sama berarti penghasilannya harus Rp 22,807,200. Padahal, pengeluaran lifestyle itu nggak cuma empat kali sebulan lho. Pasti ada deh tambahan seperti beli lipstick lah, skincare, baju, sepatu, tas, undergarments dan lain-lainnya. Apalagi kalo musim sale. Trus apa kabar online shopping? Dinner with friends after office hours? Movies? Starbucks visit two - three times a week? Beli majalah? Belum lagi sebenernya langganan Internet di rumah sama TV Cable itu masuk ke 20% yang untuk budget hura-hura. Hiii banyak yah..untung gue jarang-jarang ke mall sekeluarga...(padahal kalo sendiri justru lebih fantastis angkanya..:D :D) 

 Udah ahh emang nggak ada intinya kok postingan ini, cuma mau mengingatkan diri sendiri aja kalo mall itu menyesatkan. And oh..I'm so glad the #7hari challenge is over and I managed to squeeze in my time every single day to write a blog post :).

You Might Also Like

8 comments

  1. Itung-itungannya beneeer :))
    kan gw yang itungin :p

    ReplyDelete
  2. Hahaha...ngitungnya pake iPad jadul lo itu yaa...:p

    ReplyDelete
  3. ah mbak hanzky, gw juga sering mikirin pengeluaran gw sebulan... tiap ke mol adaaaa aja yang pengen dibeli.. udah gitu tiap abis nonton "jika aku menjadi" di trans gw jadi sedih banget karena buat mereka yang susah, 20 rebu aja berharga banget, di gw? buat beli starbucks aja ga cukup, hikkss...

    ReplyDelete
  4. Wow, banyak banget pengeluaran weekend-nya. Sebetulnya kasihan penduduk Jakarta, sulit cari hiburan di luar mal. Kebetulan kami memang gak milih mal untuk meluangkan waktu dengan keluarga. Bagi kami, terlalu dini untuk memperkenalkan konsumerisme ke anak (Timezone, jajan, nongkrong.) Wassalam.

    ReplyDelete
  5. Hanna: Ih iya bener 20 ribu Starbucks yang short aja belum sampe yaa. Makanya sebenernya kalo nggak ke mall juga nggak akan beli apa2 sih, tapi kitanya aja yang 'iseng aja ah liat-liat' dan akhirnya nggak nyadar udah ngebungkus.

    Steffani: Nggak bisa dipungkiri sih kalo mall itu adalah tempat yang paling convenient ya. Misalnya untuk tempat janjian ketemuan + makan + beli barang yang memang diperlukan (grocery pun bisa dilakukan di mall) + ada playground untuk anak + toko buku. Kalo ada acara2, sampe seminar parentingpun banyak yang dilakukan di mall. Jadi pinter2nya kita aja bagaimana melihat/menggunakan sisi positif dari keadaan yang ada. Like I said in my blog post, I rarely go to the mall with my family, that's why I was surprised with the expense and couldn't imagine the money some people spend if they go to the mall every weekend :)

    ReplyDelete
  6. Mba Hanzkyy, aku inget persis awal2 2011 ke pim pernah ketemu mbak sekeluarga di GM terus di Gramedia ! waktu itu mau nyapa tapi malu mau ngomong apa :p

    pas banget juga aku sekarang lagi sering ngitung pengeluaran kalo pergi jalan2, bener bangett belom lagi kalo ngitung budget makeup dll itu udah 20% lebih pemasukan bulanan bgt, hihihii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun berarti pas kamu ngeliat aku itu ya pas yang aku jadiin contoh untuk postingna ini :D. Eh tapi kalo ke PIM emang bisa dipastikan selalu ke GM atau Gramedia sih...hehe.

      Btw, kok pake malu2 segala sih, it's always a pleasure meeting new people :).

      Baju sama makeup kalo diturutin emang nggak ada abisnya yaaa...

      Delete
  7. hai mba Hanzky,
    lucu juga post nya... I assumed pasti beli buku import ya di gramed, bisa sampe gopeceng hehe..kalo ke foodhall sama family aku juga bisa abis banyak mba Hanz ga kerasa aja tiba-tiba keranjang uda penuh..makanya lebih suka gak ke supermarket yang di dalem mall biar ga blanja matanya,comot ini-itu

    xx,

    rey

    http://captureamazing.blogspot.com

    ReplyDelete