Creating The Big Plan

February 06, 2011

Minggu lalu kita ngadain financial seminar bersama Ligwina Hananto, pesertanya ada 100 orang dan baru dibuka beberapa hari aja pendaftarannya udah penuh. Kita udah tau sih pasti bakalan rame deh seminar ini karena memang semua orang kayanya lagi pada antusias untuk beres-beres kondisi keuangannya, di Female Daily forum aja threadnya selalu rame. Udah banyak yang tau kalo menabung aja nggak cukup, udah banyak yang nyadar kalo mereka nggak sehat kondisi keuangannya tapi clueless harus gimana, ada yang sadar harus investasi tapi ngerasa nggak ada yang bisa diinvestasikan, ada juga yang udah siap untuk investasi tapi nggak tau apa langkah pertamanya.
Intinya...tau harus berbuat sesuatu tapi setelah itu actionnya nggak ada :D Emang nggak semudah ngebalik telapak tangan sih bikin financial plan, that's why there is a profession called financial planner. Jangankan bikin financial plan ya, untuk bikin kita sadar to get up and do it aja nggak gampang, gue merasakannya sendiri. Bener-bener butuh tekat dan keinginan yang luar biasa. Kalo yang belum melakukan apa-apa yaa..they just don't want it bad enough. I guess I wanted it bad enough pada akhirnya makanya bener2 belajar sendiri supaya ngerti. Kalo mau gampang sih tinggal serahin aja sama financial planner tapii..selain sayang uangnya..haha..gue juga pengen tau sendiri seluk beluknya so I was willing to invest my energy to learn every bit of it. Hidayah untuk bikin financial plan ini juga nggak dateng dengan sendirinya lho...itu terbentuk setelah gue bacain semua artikel di QM Financial, yupe each one of them, beli bukunya Aidil Akbar, dateng ke talkshownya Ligwina 3 kali, dengerin Cosmopolitan FM Financial survival dan kadang-kadang Hard Rock FM Financial Clinic..and read just about any financial article I could find including reading every post about investment in Female Daily. Trus sahabat gue juga ikutan jadi clientnya QM Financial yang bikin gue jadi ngerasa, ihh kok gue irresponsible banget sih nggak bergerak cepat. Gongnya sih setelah jalan-jalan dari Eropa kemaren walaupun sebelumnya udah mulai beli reksadana. I guess realizing bahwa baru sedikit banget yaa belahan dunia yang pernah gue datengin and then seeing how happy the kids are to be together and exploring something they've never seen before bikin gue jadi takut nggak bisa jalan-jalan lagi..huhuhu. So it took me 6 months to finish our family financial plan. Kalo mau fokus sih sebenernya sebulan juga selesai kok :D, gue aja yang ngerjainnya sambil lalu makanya lana..cuma ngerjain satu jam..trus 1 minggu kemudian lanjutin lagi, begitu seterusnya. Kalo sama financial planner juga kira-kira butuh 2-3 kali meeting sampe plannya jadi, kurang lebih sebulan kali ya? Nah karena jadi banyak yang tanya, gimana sih bikin plan, apa sih step-stepnya, ntar gue coba tulis deh di sini, daripada jelasin satu-satu bok. Tapi ini cara gue yaa..yang bisa jadi sama atau bisa jadi beda sama financial planner beneran, yang penting alirannya sama..:p. Apalagi kalo mereka pasti detil banget tuh ngitung plannya, sampe subscription fee dan redemption fee reksadananya diitung. Kalo gue kan dibuletin aja..:D
Anyway, hari ini gue nyuruh supir nyokap ke Aksara buat beli bukunya Ligwina. Beli dua sekalian buat nyokap dan ade gue. Nyadarin nyokap lebih susah lagi lho, generasi di atas kita kan emang lebih konservatif, lebih 'rejeki udah ada yang ngatur'..dan apa apa 'Insya Allah' ada jalannya...susah ngerubah mindsetnya..but I'm not giving up yet :D..karena mau ikutan misi besar buku ini, to be a stronger middle class Indonesians :)

You Might Also Like

0 comments