her name is mawarni zega


beberapa hari yang lalu, gue dan beberapa orang indonesia disini pergi ke st. louis childrens hospital untuk menjenguk seorang bocah perempuan kelas 1 SD asal nias bernama Mawarni Zega yang baru saja menjalani operasi di sana. Gue sendiri nggak begitu paham dengan penyakitnya yang di sebut encephalocele itu, tapi kurang lebih sih seperti ada pembengkakan (a portion of her brain grows in front of her skull) di hidungnya akibat pergeseran tulang di bagian hidungnya yang sudah di derita semenjak lahir. Katanya kalo kondisi nya di biarkan begitu saja bisa berbahaya..operasi nya sendiri memakan waktu 12 jam.

Oh iya, Mawarni kesini bersama ibu nya dan seorang intrepreter asal nias juga..mawarni adalah salah satu korban gempa nias yang di kirim ke sini atas usulan tim paramedis yang datang ke nias untuk mengobati para korban dan dengan bantuan yayasan Healing the Children and Project Hope..sampai lah mawarni ke st. louis dan menjadi cukup menjadi terkenal..hehe..berita nya ada di mana mana, dari mulai yahoo news, msnbc, washington post, sun times UK, USA Today…berita lokal st. louis juga rajin memberi update tentang kondisi mawarni dari hari pertama datang...walaupun ksdk.com sempat salah me report dengan menulis bahwa mawarni berasal dari thailand.

i hate it when a reliable news source fails to report a simple fact like that..i guess some people are just too ignorant...i sent them an email right away, stating that the girl is from nias island, indonesia and it is nowhere near thailand..they edited the news the next day.



waktu kita di rumah sakit kemaren juga ada 2 stasiun tv yang datang untuk mewawancarai mawarni.dan seperti nya intrepreternya udah kecapean untuk menjawab pertanyaan pertanyaannya..soalnya dia kan harus bolak balik translate nias-english and vice versa. oh iya mawarni sama ibunya ini hanya paham beberapa kata saja dalam bahasa indonesia...kalo di pikir aneh banget, we were born and raised in the same country but yet we dont understand what each other is saying.

but anyway, mungkin ini yang namanya anugrah di balik musibah ya..karena menurut mawarni sendiri..kalo bukan karena gempa bumi tersebut, dia tidak akan pernah menginjakkan kaki ke negri paman sam dan tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk mengobati penyakitnya. sampai sekarang, mawarni masih di rawat di youthbridge housing dan baru akan pulang ke indonesia bulan depan.

*please pardon my poor attempts untuk menulis dengan bahasa indonesia yang baik dan benar...huhu, ternyata vocab dan grammar bahasa saya parah banget...gimana ini...nulis pake bahasa indonesia aja banyak yang ngaco...inggris juga nggak jauh beda..hanii haniii mau jadi apa kamu....:P

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment