back to square one

June 28, 2005

akhirnya rumah yang seharusnya kita pindah itu kita cancel contractnya...abisnya nggak jelas harus nunggu sampe kapan. sebenernya bukan kita yang cancel sih contractnya, it's a dead contract anyway, di contractnya itu di tulis kalo closingnya itu no later than june 15, jadi setelah itu ya contractnya udah mati and we are not obligated to buy the house anymore, harusnya agentnya kasih extension of contract pas hari itu..tapi sepertinya dia lupa ngasih..so that's good deh. karena setelah di pikir pikir dan liat liat rumah lagi kayanya mendingan kita cari rumah baru yang bener bener rumah gitu. kalo sebelumnya kan kaya townhouse, kalo disini namanya condo...nggak begitu besar sih, 3 tingkat..bawahnya finished basement dan paling atas itu ada kamar 3..tapi nggak ada backyardnya..we like the house sih..memang itu yang kita mau dari dulu dan udah pesen semuanya seperti yang kita mau (warna hardwoodnya, karpet, counter top, cabinet and all that)..tapi siapa yang tau kalo akhirnya jadi begitu. jadi ceritanya lendernya (countrywide) nggak bisa approve condo itu..something with the pool that is still in progress dan tentang insurance condo nya serta beberapa hal yang nggak meet standard requirements...memang sih kalo condo itu lebih ribet sih processnya. buildernya nyaranin kita untuk cari loan lain dan dia rekomen satu lender yang biasa kerja sama sama dia...tapi pas kita coba check rate nya..deuuuhh tinggi amat, jauh di atas yang kita dapet dari countrywide..jadi ya nggak mau laahh kita...credit kita nggak jelek gitu loch. jadi ya udah..solusi nya sekarang, kalo mau tetep rumah itu harus cari lender lain, kalo tetep mau lender itu berarti harus cari rumah lain...atau enggak cari yang baru dua dua nya..tapi kalo cari lender baru berarti appraisal fee yang udah kita bayar itu hilang gitu aja..ribeettt deh. Mana sekarang buildernya nggak mau balikin earnest money nya lagi..masih di pegang escrow gitu uangnya dan tetep maksa kita untuk cari lender lain...tapi kita nggak mau sih..udah ilfeel duluan jadinya..dan lagian by law kita tuh nggak salah kok...

jadi ya udah, kita buru2 telfon kantor management apt ini untuk perpanjang kontrak, karena nggak mungkin banget kita dapet rumah dan bisa closing dalam 2 minggu ini..untungnya sih apt nya belum ada yang mau nge rent lagi, jadi kita bisa terusin on month to month basis gitu. dan barang barang yang udah di pack kembali di unpack lagi, hehehe..nggak semua sih, cuma yang kira2 di perlukan aja dalam sebulan ini.

so anyway, jadi lah seminggu terakhir ini kita cari cari rumah lagiii....dan yang nyebelinnya itu, daerah yang kita mau itu on the other side of town..sekarang kan kita tinggalnya di west of st. louis, nah daerah yang kita mau itu di wayyy east of st. louis..sekitar 40 minutes dari sini, lewatin downtown, nyebrangin mississipi river..sampe statenya juga udah beda..hehe..ini kan Missouri, nah kita itu mau pindah ke Illinois..tapi dari sana ke downtown itu lebih deket..jadinya untuk dendre commute nya gampang...lagian dulu kita pernah tinggal di daerah situ jadi udah familiar lah sama daerahnya, plus hana juga sekolahnya disana.

sebenernya waktu itu kita udah nemu rumah yang kita suka sihh..suka nya banget banget deh, yah nggak 100% memang, karena untuk cari yang 100% sreg tuh susah, unless you build it from scratch..kurang suka nya sama rumah itu karena nggak ada basementnya, walaupun storage space nya sih cukup2 aja kali mengingat garasinya juga besar, dan ada extra room untuk home office or something..dan ternyata daerah situ memang jarang ada basementnya, unless it's a walk out basement..soalnya daerah situ tanahnya kering..jadi bahaya kalo di bikin basement dan bakalan banyak yang crack gitu temboknya. ya udah setelah di pikir pikir, kita memang suka banget sama rumahnya dan cari rumah lagi tuh susah dan ribet..akhirnya kita taro offer deh untuk rumah itu, pertama nya sih mau ngelakuin semuanya sendiri tapi kok kayanya banyak banget yahh yang harus di urus dan kita takut kalo keteteran gitu..apalagi rumahnya itu for sale by owner, jadinya dua duanya sama2 ngurusin sendiri, ya udah akhirnya pake buyer agent aja deh. we went to the agent's office last sunday..dan mereka udah liat rumahnya...dan mereka juga bilang baguuss rumahnya dan nyebelinnya mereka bilang kalo rumahnya itu fairly priced..huhu..gimana sihh orang baru juga mau nawar, hehehe..tapi kita nawarnya juga nggak rendah2 amat kok, karena percuma nawar rendah2 kalo udah tau harga marketnya berapa..nawar rumah kan bukan kaya nawar bajaj gitu kalo abangnya nggak mau, there's always another bajaj in line..hehehe..lagian kalo nawarnya kerendahan nanti yang punya rumah malah tersinggung dan nggak mau jual rumahnya ke kita lagii..huhuhu...

akhirnya kita tawar 2.5% off of the asking price with the seller pays for the agent's commission...pas di present ke sellernya sih kata agentnya they were pretty happy about it soalnya ada juga yang kasih offer but it's not as good as ours..we gave them 24 hours to counter offer..mudah2an sih dia mau nurunin harganya and we could meet half way. eh tapi kemaren di telfon trus di kasih tau kalo ada sellernya dapet offer lagi yang lebih menarik..only 0.8% off of the asking price and buyer will pay the commission..wahh jelas2 kita ke outbid...tapi sellernya masih mau kasih kita another chance kali2 aja kita mau nge bid lebih tinggi lagi..duuhh kok jadi begini sihh..huhu..dan bingungnya itu beneran ada another buyer atau fiktif aja ya...bisa aja kan dia sendiri yang ngarang2..we never know. setelah pikir2 lagi and studied the comparative market analysis more thoroughly...and based on the fact that we like the house a lot..ya udah kita coba bid lagi..we're willing to pay the listing price and seller doesn't have to pay for the commission..that's our best and final offer..pas di present semalem..katanya sellernya masih mau nunggu apa buyer lainnya mau nge bid lebih tinggi lagi apa enggak...they have until 6 o'clock today to take or reject the offer. yahh mudah2an aja yaa offernya di terima, kalo enggak ya udah we're just gonna forget about it and look for another house...we won't even bother to try to outbid the other buyer. gue sih pinginnya ya di terima dong *amiin*, but i just don't wanna put my hope up high..if it's meant to be, it's meant to be.

You Might Also Like

4 comments

  1. Haniiii, sorry to hear bout your previous future home yaaa. Gue masi inget deh gmn ribetnya dulu wkt me and hubby hunting rumah, ampe sebel2an bedua, hihihi. Skr inget2nya bisa ketawa, but back then it was such a nerve-wrecking process. Hopefully yoy guys find the perfect home soon ya..kisses buat Jibby!

    ReplyDelete
  2. good luck, yang disini bedoa moga2 yang ini goal yah. biar cepet house warming.*** hi hi hi... 'sukuran' mulu mikirna.

    ReplyDelete
  3. good luck ya han!bagi dendengnya dooong!ibunyanadjAidan

    ReplyDelete
  4. Say, so sorry to hear the bad news. Sabar yaa :)Kata orang cari rumah emang kayak cari jodo hehe kalo not meant to be ya not meant to be. Mudah2an kali ini dapet ya. Kalo gak dapet juga, rumah in the market skrg lagi banyak2nya. Waktu pertama cari rumah juga gue sampe udah stress ko gak dapet2 tapi ternyata pas dapet yg jodo, prosesnya cuman overnight haha kita liat rumahnya aja cuman 15 menit kali. Rumah yg ini jg gak jauh beda, dapetnya gara2 liat sign depan rumahnya, trus liat2 10 menit dan sorenya offer kita diterima. Padahal nyarinya udah sebulan lebih, sampe pusing2 kesana kemari tiap hari. Kasian banget lo hrs unpack lagi. Kebayang banget sama gue gimana ribetnya.Btw.. gue lagi proses packing2 lagi. tar deh gue ceritain.Hugs n kisses buat Jibran ya.. buat mommynya juga :)

    ReplyDelete