My Thought on Education

August 11, 2004

Bulan July kemaren...sodara gue yang umurnya 4 tahun baru masuk pre-school di Jakarta di daerah deket rumahnya. Kayanya disana namanya KB/Kelompok Bermain yah?..Sekolahnya nggak setiap hari, tapi masih tiga minggu sekali..yah namanya juga masih sekolah sekolahan. Dan untuk sekolah sekolahan ini…ada peraturan untuk memakai seragam untuk murid muridnya. Duh please deh, itu tuh cuma pre-school aja..masa di haruskan pakai seragam juga sih?..Udah TK, SD, SMP, SMA nya pakai seragam setiap hari (that’s like the first 17 years of your life)..ini lagi playgroup gitu aja ikut ikutan. Pantes aja orang orang di Plaza Senayan pun bajunya agak2 berseragam (KWIM?). Soalnya dari kecil kreatifitas berpakaiannya di batasi, makanya jadi gak kreatif.(ya gue pun salah satu korbannya..hehe). Kalau untuk sekolah negri sih memang lebih bagus pakai seragam untuk tidak menonjolkan perbedaan…karena muridnya datang dari berbagai kalangan, ada yang anaknya konglomerat (ada nggak sih yang di sekolahin di SD negri?? Ada kali yaa??) sampai anaknya tukang beras di pasar juga ada. Tapi kalo untuk sekolah swasta yang notabene muridnya datang dari kalangan yang sama..apalagi untuk sebuah playgroup kayanya terlalu di ada adain banget deh peraturan berseragam itu.

Selain soal seragam..ada lagi yang bikin gue kaget…apalagi kalo bukan tuition fee nya yang mahalnya nggak kira kira. Mahal with the capital M!!!. It costs them Rp. 20 juta setahun…I was stunned...20 juta setaun??..Reallyy??..Timbang ngajarin nyanyi balon ku ada lima sama aku seorang kapiten aja 20 juta setaun?. Tapi ternyata murid muridnya banyak juga lho…dan sekolah itu bukan satu satu nya yang memasang harga tinggi…karena sekarang udah banyak banget sekolah sekolah di Jakarta yang supermahal, dari mulai playgroup sampai SMA. Mereka menawarkan fasilitas yang lebih dari sekolah sekolah biasa, guru guru yang (katanya) berkwalitas dan system pendidikan yang lebih meng-International. Are those school really superior than other ‘regular’ school??..Kalo gue sendiri masih skeptical karena belum ada bukti nyata nya, karena sekolah sekolah tersebut masih cenderung baru..jadi belum jelas apa betul mereka dapat mencetak sumber daya manusia yang berkwalitas.

Nanti kalo kita udah balik ke Jakarta..gue mau sekolahin Jibran di sekolah yang biasa biasa aja..not in one of those super expensive schools..biar dia terbiasa untuk berinteraksi sama temen temennya yang dari berbagai kalangan dan nggak melulu melihat ke atas. Kalo bisa sekolah negri yang bagus ya negri aja…kalo pun swasta yah yang normal normal aja..pendidikan OK with decent tuition fee.. kaya Al-Azhar or Labschool (sekolah gue dulu)..atau kalo cewe di Tarki banjiir..hehe. Kalo gue pribadi sih..nggak masalah nyekolahin anak di sekolahan yang non muslim..karena menurut gue..tujuan utama sekolah itu bukan untuk menimba ilmu agama lagipula agama itu bukan tanggung jawab sekolah, tapi tanggung jawab bapak ibunya. Pokonya I’m not that strict when it comes to education deh, maksudnya TK-SMA (kalo kuliah sih lain ceritanya cause I believe that is the stage when education really matters). TK sampai SMA sih santai2 aja lahh…I’m not gonna put him in the so called acceleration class even if he is qualified (dulu di sd nya sekolah gue ada program SD 5 tahun). Trus juga gue bukan tipe yang memalsukan birth certificate just so he can go to school earlier than he is supposed to. Banyak lho yang kaya gitu and I just don’t understand that. Gue cuma mau Jibran menikmati hari hari nya just like a normal kid, to have a wonderful and memorable childhood...I'll try my best to give him the best I can for a happy childhood life..cause I believe that's when a character is built. I want to give him the idea that we are not placed in this world just to go to school, graduate and get a job…that there’s something more to life than that. Dan gue nggak mau Jibran tua sebelum waktunya..kan suka ada tuh di berita tentang anak kecil yang udah bisa menghafal nama nama duta besar Indonesia lah, siapa sekertaris PBB lah ini itu or even writing a letter to the president asking why such and such things happen to our beloved country..those things really freak me out.

By the way..kalau ngebayangin system pendidikan di Indonesia memang bikin sedih banget yah. Gue sih tadinya nggak begitu perduli..tapi sekarang setelah punya Jibran dan ngebayangin the education system that he has to go trough later on jadi sering kepikiran aja. Apalagi kalo di bandingkan sama disini..wah beda banget deh. Visi dan misi nya juga udah beda sekali. Kayanya di Indonesia penekannya lebih ke hal hal yang membosankan seperti menulis..sampe ada kelas khusus untuk menulis waktu SD, menulis halus lah yang pake buku garis tiga, menulis cetak, sambung..terus terusan aja belajar nulis yang nggak penting. Kalo disini tulisan bule bule emang jelek jelek semua..karena waktu mereka di sekolah lebih di habiskan untuk hal hal yang menarik dan menyenangkan. Di SD juga berhitungnya banyak sekali..makanya kalo orang Indonesia pindah sekolah disini menganggap calculation disini itu piece of cake sekali karena kita sudah lebih di ajarin yang lebih complicated dengan mereka walaupun dalam level yang sama. Yah sebenernya ini mungkin ada bagusnyajuga sih kali ya..tapi apa perlu anak kecil di bebani hitung hitungan yang banyak begitu??..Apalagi di Indonesia itu di haruskan untuk menghafal puluhan rumus…haduuh..padahal disini aja sampe yang master juga kalo ada ujian hitung hitungan rumusnya tetep di kasih tau..jadi kita nggak usah repot2 ngapalin..yang penting kita tahu bagaimana caranya mengotak atik rumus tersebut. Belum lagi hapalan yang lain seperti nama nama mentri..wtf..untuk apaaa coba. Kalo disini kegiatan kegiatan anak sekolahnya lebih mengarah pada pengembangan bakat si anak, kemampuan mencipta dan mengemukakan pendapat. Ah kalo ngomongin soal ini sih nggak ada abisnya kali yahh?..

You Might Also Like

11 comments

  1. emang nih Indonesia ada2 aja kalo soal pendidikan, btw. thanks ya bu buat postingannya tentang pendidikan anak jadi membuka wawasan aku nih yang sebelumnya menjamin kalo sekolah mahal itu pasti bagus, padahal engga juga kan kalo buat anak2 seusia tesa atau Jibran.Ade - Mamanya Tesacharleeta.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. percaya nggak... barusan temen gue telp hanya buat nanya: "anakmu dah didaftarin di kepompong?" ya ampun, lahir juga belum gitu lho! tp memang si kepompong ini katanya waiting list-nya segambreng... jd dr mulai di perut udah boleh diantriin buat masuk ke sana thn. 2007. oh tolong.

    ReplyDelete
  3. Mama Tian :Haha.. gimana yah, han ???Gue juga kadang bingung mau sekolahin anak dimana.Perbedaan skul di int sama di swasta. di int anak diajarin untuk kreatif, main2 & belajar untuk demokratis.. tapi skul di swasta tuh.. kita dibebanin buku yang tebal.. hafalan semua, sistem belajar guru terkesan otoriter... yah mungkin masih banyak lagi .. Emang deh gila banget kalo ditanya soal harganya .. untuk usia anak pre school gitu aja uang skul nya perbulan 1,5 juta padahal se kolahnya cuma seminggu 2 kali..:P belum uang pangkalnya..Dulu gue berencana mau masukin Tian ke pre school gitu di umur nya setahun, tujuan gue kan biar Tian bersosialisasi, gak takut ketemu orang n bisa bermain main sepuasnya dikarenakan di rumah gue gak terlalu suka beli mainan karena Tian orangnya bosenan banget.Tp gue pikir2 lagi.. ngapain juga gue musti buang duit segitu banyaknya.. just only for playing n meet people ...ketemuanya juga seminggu 2 kali doang...tau gitu gue ajak aja Tian ke klub bermain, seminggu 2 kali, toh dia juga ketemu temen seusianya dan banyak mainan disana.. lebih ngiritt banyakk boo...Soal seragam ... hihihih.. gak pa-pa lha han pake seragam, jadi emaknya gak usah beliin baju banyak2.. hahaha..

    ReplyDelete
  4. Hmm... ngomongin ttg sistem pendidikan di Indonesia gak bakal pernah ada abisnya. Makin mahal aja tiap hari. Kynya bakal susah tuh say, dapetin skolah yg 'biasa aja' buwat Jibran ntar. SMA gw aja tuh...masa' ktnya skrg uang pangkalnya aja 7,5 juta 'n SPPnya 250 ribu/bln. Pdhal SMA gw itu kan SMA negeri...*sigh*.Kpn ya pendidikan di Indonesia bisa dinikmati sama smua lapisan masyarakat? *mimpi*. Tau gak, disini tuh buwat skolah negeri dr tkt sd sampe' perguruan tinggi tuh gratis lho. 'N itu blaku udah sejak jaman presidennya msh Gamal Abdel Naser. Jd...kpn donk pendidikan di Indonesia bisa gratis jg? Ayo Han...bikin prubahan pas lo balik, hehe *kompor mode on*.

    ReplyDelete
  5. Edhish said :Duch Indo makin gila2 deh masalah sekolahan, anak kk aku dimasukin ke SD Kristen dua2nya katanya uang pangkal ampe 15 jutaan berdua apa satu orang tuh.. aku langsung berpikir, aduh untung daku tgl dinegara ini, sekolah anak2 gratis ampe nanti dia kuliah , malahan dipinjamin uang buat biaya hiduppindah sini yuk Han.. hihihi

    ReplyDelete
  6. menurut gue, indonesia itu ibarat anak yang lagi belajar crawling dan mau mencoba utk berdiri tegak. Dan ia akan mencoba berbagai macam usaha supaya tidak jatuh again n again n again. Education is only small part out of the entire problems, but they (the government) do realize that education is a significant foundation, and that is the reason why private money has been uprooted in many ways to globalize private schools. However, the quantity itself doesn't guarantee that the it will endow good quality people.

    ReplyDelete
  7. MAMANYA TESA: first of all..met kenal yah..=))…tapi jangan gara2 postingan gue trus jadi nggak percaya kalo sekolah mahal itu pasti bagus dong..hehe..karena gue juga nggak tau tau banget, tapi pasti ada beberapa aspek yang mereka memang lebih bagus daripada sekolah biasa…tapi menurut gue sih…karena sekolahnya cenderung masih baru..jadi kan belum keliatan hasilnya..MBAK DIAN: yang bennerr? Sekolah kepompong itu dimana siih?? *penasaran* berarti gue harus buru buru daftarin Jibran dari sekarang doong..hehehe..*sarkastik*..itu dimana sih dii…tadi gue cari di google nggak nemu gitu. MAMA TIAN: Udah laah nggak usah bingung bingung..pilih aja yang criteria nya cocok sama yang di pinginin..dan yang pasti harganya juga cocok!!..hehe..Waduh uang bulanannya 1.5 juta??..oh iyaa gue baru inget kalo ada uang pangkal dan uang bulanan yah..berarti yang sodara gue itu 20 juta setaun Cuma uang pangkalnya kali yah? Belum termasuk uang bulanannya..?? Kalo disini untuk anak seumur jibran dan tian ada juga sih sekolah sekolah..tapi yang sistemnya kontrak gitu..kaya 10 kali pertemuan..jadi bisa coba coba dulu nggak langsung setaun, see if it’s really worth it. Soal seragam..hehe..iya bener juga yaahh jadi nggak usah beli2 baju..tapi kan seneng dandanin anak...:DRIA: Yang bener loo spp nya SMA 8 udah 250 ribu sebulan?? Perasaan dulu sekolah gue 60 ribuan gitu deh. Eh itu gara2 yang sekolah negri udah gngak di subsidi yah?..eh ato guru gurunya bukan di gaji sama pemerintah gitu?..pokonya waktu itu gue sempet baca di Koran deh tentang masalah ini..bener nggak sih? Ngerubah system pendidikan Indonesia?..hehe..yang bener aja looo emangnya bokap gue mentri pendidikan apa..:PP EDHISH: Iya niihh gila yah uang sekolah bisa segitu mahal nya..yang negri2 aja ikutan mahal sekarang padahal mutunya juga nggak naik2…!! Kalo disini sd-sma juga gratis sih..untuk kuliah di kasih pinjeman sama pemerintahnya yang bisa di cicil sampe 30 taunan setelah lulus, tapi khusus buat citizen aja. ELIZABETH: Yupe I think the government realizes the importance of education..tapi mungkin sadarnya ini baru di hati kecil mereka masng masing aja dan belum ada usaha yang berarti untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia…karena kepentingan pribadi masih berperan besar..makanya uang uang sumbangan untuk pendidikan di Indonesia dari Negara Negara lain itu cuma sebagian kecil aja yang bener bener nyampe ke tujuannya…and that is such a shame!! Kalo soal bagus/enggaknya kualitas sekolah sekolah mahal yang bermunculan sekarang mungkin baru keliatan beberapa taun lagi kali yah?..

    ReplyDelete
  8. yaaahh, ibu2 pada semangat komentar tentang pendidikan. Han, elo mengobarkan minat comment cepet banget .. hehe. Waktu pertama baca postingan ini, masih 0 comment, tp berhubung nggak ada waktu, entar aja ah pikir gue ... weeeii, balik2 udah banyak amat.Jadi pusing nggak sih Han benernya dengan keinginan utk balik Indo kalo dihadapin situasi kayak gini?Daya kembang anak2 untuk "to be him/her self" sangat ditekan di Indo. And I feel like I'm taking that part away from Dylan with this dilemma.Maybe I'm too free-spirited, .. but as a mother, I'd like my child to get more. I love your posting, .. and I totally agree with you. Good topic you bring up, girl!

    ReplyDelete
  9. hehehe...lagi in serious mode yah bu talkin bout education in indo...wah kalo ini mmg gak ada abis2nya. bisa kalap kita ngomongnya ihahiaiha...but eniwey sih, kalo menurut gue on the positive side, the education in indonesia sih much much improved dari dulu, cuma ya itu systemnya masih gak stable. itu loh dari yg sistem sekolahnya plinplan. tau kan maksud gue yg mana? itu loh kalo SMA penjurusan itu gonta ganti mulu. sekrg denger2 malah bukan sma lagi, malah kelas 10-12? heh? kyk di amrik gitu? atao di england? yayayaaa...mo gaya atao mo apaan sih...niweys kalo mengenai soal sekolah pake bhs english emang sih betul udah byk. gue sih setuju2 aja, krn english itu udah makin diperlukan, kyknya kalo dari kecil dah dilatih, jadinya bagus jg. cuma ya itu betul jg kt elo, gak jelas deh betulan ngajarin pake bhs englishnya bagus apa enggak. entar ngasal2an aja juga same aje lagi. but i know other school like HIGHSCOPE not bad at all loh. itu license dari amerika. temen gue 2 orang yg lulusan amerika juga ngajar di preschool ama elementarynya. and they talk english well sih, and my friend told me sih ya mereka ngajarnya emang pake english sehari2nya. cuma ya itu bureaucracy stiap skolah emang ada2 aja deh. gak usah sekolah govmt aja juga gt kan? menurut gue di indo itu tuh sistimnya bukan kyk di luar. kan kalo di luar "kalo bisa dipermudah ya jangan dipersulit" nah kalo di indo tuh tebalik "kalo bisa dipersulit kenapa dipermudah" hiahiaihaihiah....what an ironic.btw...itu aneh bgt law firm pake seragam? iahhiahia...lucu boneng. niwey...itu baru di sekolah say ama tempat kerja...gue kalo mo kritikin soal sistem and way of thinking kerja disini, bisa lebih panjang kali. bisa bebusa dan muntah darah hiaihaihahia....tapi ya sutra lah, maybe that's the way it goes...kalo gak senang yah gak usah di indo. susah2 bgt ya gak sih? so i think i just have to accept and adjust to it..kalo gak yah...bisa sutresss...i now have to learn this after all. after returning home for 1 yr ya itu lah what i have to accept and learn from funny indonesian people hehehehe...no offense nehh hihihi...

    ReplyDelete
  10. MAMA TATA: Iya niih padahal pasti tadinya sama kaya gue waktu belum punya anak sih nggak begitu mikirin..hehehe...!! Kalo balik ke indonesia ini emang salah satu keribetan dari sekian banyaknya keribetan yang bakalan di temuin sih. Emang sistem sekolahnya beda..tapi ya mau gimana lagi...pinter pinternya orang tua kali yah untuk ngimbangin cara berpikir si anak..ELLA: bu buu..komen elo udah hampir sepanjang postingan gue tuuh...hehehehe.....tapi nggak pa pa sayy i love reading long comments. Iya yah educationnya udah improve yah, yang sekolah swasta nya sih..negri nya masih gitu gitu aja mungkin yahh??. Emang tuh ganti ganti kurikulum seenaknya banget ya pemerintahnya...sebenernya kurikulum emang perlu di ganti sih, harus mengikuti perkembangan jaman..tapi kalo ganti ganti nya cuma hal2 yang nggak penting gitu sih percuma...Kalo sekolah pake english ya gue juga setuju la..pasti semua orang juga setuju, tapi masalahnya banyak yang ngiklaninnya begitu tapi kenyataannya bahasa indonesia juga yang di pake. Highscope benerna bagus ya la..gue waktu di jakarta sering lewatin tuuh..tapi pasti mahal benjet yahh?...dari websitenya juga keliatan sih bagus gitu....Hihi..iya di indonesia emang kalo bisa di persulit kenapa di permudah..kalo bisa di jadiin duit kenapa di bikin gratis?..hehe... ! Law firm pake seragam? nah kan..gue aja yang asli stunned gitu pas denger...tapi ya bodo amat deh gue nggak mo ikut campuurr...

    ReplyDelete
  11. say, ini ReeNabener tuh say, sekolah disini gile2 aja... kiara juga udah masuk sekolah, Tutor Time International School (license juga kok di US, coba aja buka www.tutortime.com) itu per yearly nya 23 jt, itu di bandung loh... gimana di jkt, cost livingnya gede bgt, ponakan2 gue aja di BinuS uang membernya Rp. 15 jt, uang bulanan nya 1.5 jt (pre-school) ponakan satunya di binus juga (SD nih) membernya 25 jt perbulannya 2,5 Jt, gila gak... mesti kencang nih nyari duitnya di Indo, kalo gak... wahhhh gawatttt :P

    ReplyDelete