Masih tentang sekolah..

Gara gara posting tentang sekolah kemaren..gue jadi reminiscing masa masa sekolah gue dulu dari TK-SMA..especially high school..dan setelah di pikir pikir..SMA gue dulu itu memenuhi expectation gue untuk sekolah idaman…and I’m talking about how it was run back then when I was a student in there…not now..enggak tau sekarang jadi kayak gimana..all I know is that they have opened two branches, one in kebayoran and one in cinere area. Kalo di liat dari situ sih berarti sekolahnya jadi maju dan berkembang, sampe harus di buka cabang baru karena tempat yang lama udah nggak muat lagi. Kenapa gue bilang sekolah gue dulu decent ?? Cause it has a good reputation (nggak pernah tawuran..hehe, qualified teachers who hold bachelors degree to doctoral degree, nice environment, stimulating activities and all comes with an reasonable tuition fee that won’t rip off your parents back account.


The school goes by the name SMU Labschool..kenapa namanya laboratory school? Karena tujuan pertama di dirikan sekolah ini untuk praktek mengajar guru guru IKIP (yang sekarang jadi Universitas Negri Jakarta), untuk penelitian pendidikan dan untuk tempat uji coba inovasi pendidikan sebelum inovasi tersebut di perkenalkan ke sekolah sekolah lain. Contohnya system sekolah 5 hari..dulu kita jadi sekolah pertama di Indonesia yang mengikuti system itu, jadi setiap hari gue sekolah dari jam 7 sampe jam 3.30. Kalo hari jum’at sampe jam 11.30 dan selanjutnya di pakai untuk ekstra kurikuler. Sabtunya libur dong!!..Kelas kelas nya juga udah di sebut dengan kelas 10-11-12..nggak ngerti kenapa nyebut kelas gini aja pake harus di uji coba dulu ??! Sekarang sepertinya sekolah sekolah lain udah begitu semua. Trus percobaan percobaan lain seperti system akselerasi..SMP/SMA 2 taun dan SD 5 taun..(setelah gue pikir pikir lagi..mungkiin system akselerasi ini ada bagusnya juga kali ya untuk anak yang super genious..supaya bosen kalo di kelas biasa karena pelajarannya yang terlalu di ulang ulang, nanti prestasi nya malah menurun).


Much of the reputations of the school come from the former principal, Dr. Arief Rachman M.pd (sekarang beliau menjabat sebagai ketua yayasan labschool di bidang pendidikan). He is one of my idols, one of the public figures I respect, pendidik sejati yang agamais dan idealis. Waktu taun 60-70 sering keluar masuk penjara karena idealisme nya. Dulu jadi pemandu acara di Hikmah fajar RCTI (masih nggak ya?), sekarang juga menjabat sebagai Duta Indonesia untuk UNESCO dan jadi Dosen luar biasa di bebeberapa universitas..dan masih sering di panggil untuk jadi pembicara di seminar seminar seputar pendidikan. Pak Arief ini sangat mengerti psychology dan tau caranya men transformasi ilmu nya untuk bisa di terapkan pada murid muridnya, tau bagaimana meng handle murid murid yang bermasalah. Makanya kalau ada murid yang bermasalah banget nggak langsung di DO aja, tapi di deketin sama dia dan di tuntun untuk berubah..and amazingly banyak yang jadi berubah gara gara dia. Sosok yang deket sama murid muridnya, very humble and humorous. Dulu dia selalu lari dari rumahnya kalo ke sekolah with his training suits..sekalian lari pagi katanya. Setiap hari pasti nyamperin kelas satu satu..I loved it when he came to the class..soalnya bikin seger suasana..celetukan celetukannya kocak kocak dan kalo ngasih ceramah juga very inspiring with his interesting ways of telling..bahasa dan analogi nya juga gampang di terima and he speaks English to his students about 30% of the time.


Kalo tentang sekolahnya sendiri…fasilitasnya OK lah..lab lab nya lengkap dari mulai lab kimia, fisika, biologi, sampe lab bahasa, lab musik, lab computer, lab mengetik dll. The school has a good collection of books in the library. Lapangannya juga banyak, dari lapangan bola, basket yang outdoor dan indoor. Dulu malahan di sediain ram untuk main skateboard. Lapangan basketnya boleh di coret coret, di bikin graffiti..untuk menyalurkan bakat murid muridnya yang seneng gambar. Sekolahnya gede..soalnya sekalian gabung sama TK-SD-SMP..jadi suasananya meriah selalu bisa gangguin anak anak tk/sd yang lucu lucu. Pokonya sekolahnya nggak nge bosenin dehh..apalagi dengan system kelasnya yang berpindah pindah, ada kelas inti (dimana kita belajar PPKN, bahasa, Agama) dan ada kelas jurusan (IPA, IPS, Bahasa). Jadi kalo lagi belajar pelajaran umum ya kita ketemu temen temen yang berbeda sama di kelas jurusan…(walaupun pasti ada beberapa yang memang sekelas di jurusan & inti). Trus baju seragamnya juga nggak ngebosenin…senin sampai rabu putih abu abu, kamis batik..tapi batiknya bebas…jadi kita pake kemeja apa aja yang kita mau, bawahannya masih seragam SMA..mau pake kemeja motif mickey mouse boleh, kotak kotak boleh…garis garis silahkan..mau pake bahan silk sampe sutra juga terserah deh. Tapi akhirnya ada juga sih seragam batiknya..jadi di rotasi..minggu ini batik bebas, minggu depan batik seragam. Kalo hari jum’at juga bajunya bebas..eh nggak bebas bebas amat sih karena judulnya baju muslim. Jadi kita di haruskan pake celana/rok panjang dan atasan tangan panjang..gue dulu kadang pake jeans dan pake sandal dan pake kemeja tangan panjang yang di gulung..hihi. Sebenernya labschool sih bukan sekolah Islam..tapi sekolah umum karena selain Masjid, Kapel juga di sediain.


Pokonya buat gue masa SMA disitu nggak monoton…ekstrakulikuler nya juga banyak…dari basket, softball, pecinta alam, paskibra, dance, photography, sampe diving juga ada..hehe. Kalo yang aneh aneh kaya diving memang bukan sekolahnya sih yang ngadain, tapi muridnya di bolehkan untuk memilih ekstrakulikuler sesuai dengan minatnya..jadi kalo yang dia mau nggak ada di sekolah, dia di bolehin ngambil di klub klub luar sekolah yang ada…nanti nilainya tinggal di transfer aja. Trus ada juga yang namanya LISA, Labschool International Student Association..yang kegiatannya menggalang kerja sama dengan sekolah sekolah international dan organisasi organisasi international di Jakarta…kegiatannya dari mulai tukar informasi mengenai kebudayaan sampe menggelar pentas seni untuk menampilkan tarian/kebudayaan khas Negara masing masing. Trus di labschool juga selalu ada beberapa bule bule yang belajar disana karena mengikuti program pertukaran pelajar (AFS). Pentas seni juga lumayan sering di adain di labschool, biasanya yang gede gedean sih sekitar 1 atau 2 kali setaun. Tapi kadang kadang suka ada pentas seni dadakan aja, misalnya setiap pembagian raport suka di sediain panggung kecil lengkap dengan band nya…untuk nyenengin murid muridnya yang suka nge band. Trus juga ada yang namanya recital piano, malam dana, kegiatan social, pesantren kilat, dll. Kalo yang paling berkesan untuk gue itu TRIP OBSERVASI..dimana kita harus tinggal 4 hari di suatu desa yang belum ada listriknya..huhuhu.


Oh iya..di labschool ini kekuatan fisik bener bener di gojlok, waktu penataran aja kita harus datang dari jam 5.30 pagi dan harus lari ngelilingin rawamangun setiap hari. Setelah penataran juga setiap jum’at pagi sampe lulus ada yang namanya lari pagi bareng ngiterin sekolahan, dan ini wajib…soalnya di tengah tengah rute nya nanti udah ada guru yang nongkrong untuk ngabsenin.


Yaaa… pokonya gue cinta deh sama sekolah ini…setau gue yang lain juga berat buat ninggalin labschool..alumni alumni juga tiap jum’at banyaak banget yang ngumpul di sekolah untuk sholat jum’at disana..trus kalo weekend juga ada aja yang ngumpul. Memang kalo di liat dari prestasi akademik nya bukan top of the top..tapi nggak malu maluin juga lah..hehe..karena kepala sekolahnya sendiri tidak mengagungkan nilai pelajaran di sekolah sebagai satu satunya acuan dalam menilai isi otak seseorang..dan misi sekolahnya memang bukan cuma melahirkan anak anak pinter aja..tapi (di contek dari buku tahunan) pemimpin masa depan yang bertaqwa, berintegritas tinggi, mempunyai daya juang yang kuat, kepribadian yang utuh, berbudi pekerti luhur dan mandiri..yaa seperti gue gue ini laahh..hahahaha. Udah ah, Jibrannya bangun niyy..:P

Share this:

CONVERSATION

5 comments:

  1. wa saia jadi inget perna menari saman sekali untuk LISA waktu kelas I ehehehehehe... yg gue juga ngiri, Labschool mau terima student AFS sementara 8 gak mau... seballl, pdhal kan lumayan buat nyeger2in mata... :I

    ReplyDelete
  2. mom tian :Salah satu sekolah yg masuk dalam list gue. H eh eh..Berencana mau sekolahin Tian disana.. ntar pas TK, kalo gak tarki .. he ehTapi Labskul mahal juga uang pangkalnya.. sekarang.

    ReplyDelete
  3. wah, jadi nostalgia nih han :)...aku jg pengagum pak arief, dan salah satu sahabatku juga alumni labschool...ngomongin skolah jaman skarang emang bikin pusing...aku pernah liat buku tugas anaknya temen kantor yg skolah di kepompong, dan tau gak, di sana anak tk udah diajarin sist. peredaran darah di tubuh, sist. pencernaan, dll...walopun masih sederhana, tp tetep aja kan...perasaan itu pelajaran anak smp deh *geleng2 kpala miris*

    ReplyDelete
  4. Wah, Han... Kalo ngomongin sekolah yg bagus sekarang tuh... mahal2... Gue aja bingung nih, mau nyekolahin nadinka dimana ntar... Nyari preschool aja bingung...

    ReplyDelete
  5. hehe...anaknya Pak Arif kamu ya =p. hmm...knp adek gw sebel ya sama blio? apa adek gw bandel bgt kali ya pas sma, jd kena mulu sama Pak Arif...hihi.weekend kmana niy? jalan2 lg? jalan2 jg ya ke 'rumah' gw...ada crita baru =p. have a nice weekend yaaa.

    ReplyDelete