18 months appointment

August 02, 2005

jibran had his 18 months appointment last saturday at 11 o'clock..he got one DPaT shot on his left arm. beratnya jibran sekarang 25 pounds, cuma naik 1 pound aja from last appointment, tinggi nya 33 inches. i asked the doctor a lot of things about eating habit karena jibran emang makannya agak agak susah sih..i mean he eats a lot when it comes to his faves foods but the thing is he doesn't have that much faves foods...pokonya picky sekali deh...contohnya nih, he likes cheese a lot, shredded cheese or string cheese..tapi kalo di kasih cheese nya dalam bentuk lain..misalnya yang cubed gitu..he's not gonna eat it..dan dia tuh ngeliat makanan baru udah males duluan..susaahh banget untuk nyobain, palingan makanannya di pegang2 dulu, di liatin dengan muka yang..'what the hell is this?'..yah nggak heran juga sih sebenernya kalo jibran jadi picky eater..it's hereditary, blame it on his dad..huehehe..:p

pokonya jibran tuh yang makannya banyak cuma breakfast aja, memang dia suka sih breakfast menu, pancake, french toast, peanut butter sandwich, oatmeal, cereal and the like, tapi masa iya seharian mau di kasih itu itu aja. jibran juga makan dagingnya susah..again, just like his dad, doesn't eat most of the meat. paling jibran makan chicken nugget, dan chicken finger (bukan jari ayam lhoo..sejenis chicken nugget lah tapi white meat dan lebih crunchy tepungnya) aja yang kurang lebih sama aja tetep nggak mau di makan. he eats popcorn shrimp, yang goreng2 memang suka, untungnya tempe goreng juga suka.

anyway, trus kan gue tanya sama dokternya..jadinya gimana nih dookk kalo anak susah makan gini, apa kita harus coba terus kasih makan like every hour siapa tau dia mau makan, trus apa harus sambil main2 gitu di suapin atau gimana. kata dokternya sih we have to stick with the 3 meals a day, breakfast, lunch, dinner and snacks in between. jadi kalo jam 12 pas waktu lunch dia nggak mau makan, ya udah..don't offer him snacks for substitute..just wait until it's snacks time, dan juga nggak usah coba kasih makan lagi till it's time for dinner. biarin aja kalo kelaperan karena memang the point is to make him hungry and to make him appreciate food. jadi dia tau kalo ada makanan memang seharusnya di makan karena nanti kalo nggak dia nggak bakalan dapet lagi. kalo tiap jam di kasih makan tuh dia jadi ngegampangin.."ahh ngapain makan sekarang, toh bentar lagi juga di kasih lagi"..don't let him used to the idea of having food available for him anytime he wants it. soalnya ya itu dia jadi semena mena. trus katanya sih mungkin beberapa hari pertama he will lose some weights..tapi jangan khawatir karena nantinya timbangannya bakalan naik lagi kok. gituu..

makanya, gue sebenernya agak dilema juga, bingung harus gimana..abis kan biasa lah orang indonesia itu suka pusing dan ribut banget kalo anaknya nggak mau makan, beda sama orang sini yang cenderung santai..emang kalo gue perhatiin anak indonesia tuh makannya buanyak lho di banding anak2 bule. trus makanya kalo cara indonesia kan misalnya anak nggak mau makan ya di ikutin terus..di cari cara2 biar mau makan kaya sambil di gendong lah, sambil jalan2 di mobil, sambil ini itu..trus hayoo aja di jabanin nyuapin biar sampe sejam juga.abis kan katanya anak kecil yang susah makan itu nggak bakalan ngerasa laper, jadi biar di diemin aja ya udah..nggak bakalan minta makan. kalo orang sini mikirnya.."ntar juga kalo laper dia minta makan"..gitu. bingung juga sih mau ikutin yang mana..sebenernya lebih condong untuk ngikutin cara orang sini..tapi kan duh sedih juga kalo ngeliat anak sendiri jadi kurus dan gue nggak mau kalo kesannya gue ibu yang males banget yang nggak mau telaten nyuapin anak..huhu..

anywayy..duh dari sejak pertengahan juni kemaren nih gue super *sok* sibuukk banget..kayanya sebulan setengah terakhir ini bisa di itung pake jari deh berapa kali jibran tidur siang di rumah, makanya sekalinya tidur siang di rumah tuh langsung bablas 3 jam tidurnya, biasanya tidur di mobil aja. abis kan pertamanya kita di sibukkan sama masalah rumah waktu itu..yang akhirnya harus muter muter cari rumah lagi setiap hari..trus juga sempet ada bokap dan ade gue yang satu lagi..jadi ya muter muter juga ajak jalan2..trus 2 minggu kemaren (11 july - 22 july) ada dinces, one of my bestfriends yang dateng ke st. louis dari detroit karena suaminya di tugasin disini. jadi lah kita tiap hari nemenin dia bepergian..mana datengnya nggak bilang bilang lagi..hihi. jadi senen pagi dia nelfon *ceritanya dari detroit* dan ngobrol2 seperti biasa..trus siangnya epi telfon bilang mau ke rumah..dan dia nyampenya pas gue lagi mandi..begitu keluar dari kamar mandi ternyata si dinces udah ada di depan mata gue lengkap dengan handycamnya..hahahaha..asli heboh banget lah jadinya, udah serasa di punk'd aja tuh gue, hehe.

trus selain itu..kesibukan lainnya yaitu nganterin ade gue sekolah. her school actually started on july 5, nah harusnya kan kita udah pindah rumah kesana..tapi karena belum berarti kan gue harus anterin tiap hari..and it takes an hour to drive..duh ngebayanginnya aja gue males. tapi trus ternyata di sekolah deket rumah ada yang offer free english class from monday to thursday selama sebulan...trus setelah ngomong sama kepala sekolahnya, akhirnya di ijinin deh ade gue untuk nggak ngambil summer selama sebulan itu supaya nggak usah bolak balik tiap hari dan biar dia bisa work on her english juga..tapi kalo hari jum'at tetep harus sekolah and the last 2 weeks of summer class juga tetep harus masuk. jadi ya lumayan sih gue tiap hari anter jemputnya cuma ke sekolah yang deket rumah, ten minutes lah dari sini. jadi di itung udah 4 kali jum'at nyetir ke belleville, IL..dan nungguin disana sambil main2 sama jibran, ke park lah, ke pet smart, mac donalds, walmart, kemana mana lah nungguin selama 3 jam. nah hari ini nih hari pertamanya dia yang harus sekolah tiap harii..huhuhuhu..jadi lah mulai hari ini sampe 2 minggu ke depan kita bakalan bolak balik kesana, berangkat jam 7.30 pagi dan sampe rumah sekitar jam 1. cape banget deh, beneran..banget banget capenya..kasian juga jibrannya kalo pagi jadi harus di bangunin dari tidur nyenyaknya. makanya jam tidurnya pelan pelan lagi di adjust nih, dulu sih jam 10.30 dia paling cepet tidurnya..kemaren2..jam 9.30 udah mulai tidur..dan hari ini..jam 8.45 udah tidur lho..record banget deh.

alhamdulillah sih jibran fisiknya termasuk kuat..jadi dengan cara hidup kita sebulan setengah terakhir ini di tambah makannya yang susah dia sehat sehat dan happy happy aja, padahal gue aja sempet sakit sebelum ke chicago..batuk, pusing, pilek..kecapean lahh..untung jibran nggak ketularan..mungkin karena keluar terus kali yaa..soalnya waktu itu gue sempet maksa mau di rumah aja tapi trus mikir duh kalo di rumah udaranya muternya disini sini juga ntar malah jibran ketularan lagii..ya udah lah mendingan keluar aja..hehe..eh bener sih nggak ketularan.

Hmm...trus apalagi yahh..jadi tadi kita pas nungguin hana..kita ke Cooper day Care..memang belakangan ini lagi cari day care untuk jibran, tapi part time aja sih..dan belum nemu yang cocok..jadi masih liat liat. setelah itu kita ke chongs market beli beras...fried fish ball, etc..trus ke western union di Kmart..makan di cafetaria nya sekalian beli diaper, etc...trus jemput hana..abis itu ke post office trus pulang deh. sampe rumah langsung bikin mie bakso pake pangsit goreng, dumpling, fried squid and fried fish ball*gara2 hari sabtu kemaren makan di rumahnya tante dien jadi pingin lagii..hihi..*..jibrannya mandi trus nonton DVD barunya..DVD anak2 islam gitu dari indonesia, ada lagu lagunya dan ceritanya..lagu2nya enak2 deh..and jibran loved it sampe minta ulang lagi trus duduk aja tenang nonton. trus ngapain lagi yahh..oh ya bikin pudding untuk jibran, packed some stuff to be sent to denmark tomorrow, masukin baju2 yang abis di cuci ke lemari..do this and that..sampe terakhir nidurin jibran dan sekarang baru deh bisa online2.

hmm apalagi yaa.....jibran kosakatanya udah nambah..dikit sih, sekarang dia bisa ngomong Boohbahh dan lagi seneng ngomong..BABAB
A
BIBIBI BABI BABI BABI BABY BABY BIBA BIBA..kalo enggak MOMMA MOMMA MOMMY MOMMY MIMI MIMI YUMMY YUMMY..pokonya lagi seneng bolak balik kata deh..trus kalo ketemu orang sekarang hampir selalu ngomong HI dan jibran juga setiap di kasih sering bilang thank you, tapi keluarnya sih more like.."teke" gitu tapi intonasi nya seperti kita ngomong thank you..

ahh ya sudah lah kayanya udah kepanjangan deh...mendingan udah dulu kali yaaaaaa.......

You Might Also Like

1 comments

  1. nyetir sejam ke sekolah? wah kalau di jkt sih sejam paling cuma 'ke situ' doang... di sana sejam jauh juga yaaaaa.... pa kabar han?

    ReplyDelete