The Wedding

February 08, 2003

Pingin cerita cerita tentang the whole story of how the wedding went but I’m kinda confuse on how and where to start. Hmm…Let me start with the preparation and see if I can capture everything….


Okay, as far as the preparation…I think the preparation was pretty neat, despite the short time frame that was given to arrange the whole things. The time frame wasn’t that short actually, but considering most people preparing their wedding at least one year ahead so mine was kind of instant. Lamarannya itu waktu bulan Agustus and it was done without us being there, but we called home like every hour to make sure everything went OK. Lamarannya itu, standard lah…ada uang and a set of jewelry. Trus juga sambil di ceritain silsilah keluarga masing masing, semua yang dateng juga harus introduce themselves dan ceritain apa hubungannya sama keluarganya. Yang dateng sih keluarga deket aja yah, yang jelas keluarga inti, trus ada om2 kita dan tante2 juga dan ada kerabat deket bokap nyokap gitu. Abis itu biasa lah ada acara makan makan dan waktu keluarga laki2nya pulang tuh yang di bawain kue2 gitu. Emang begitu katanya aturannya, kuenya juga udah ada aturannya harus berapa macem. Pas lamaran juga sekalian nge-disksusi tanggal hari H nya, nggak pake milih hari baik/enggak as long as it’s within the time frame of our vacation time then it’s all good. Tapi pas hari lamaran itu the date was yet to be fixed cause we had to check with the venue first, whether they have vacancy on that particular date or not.


Setelah itu, ada yang namanya kunjungan balesan, jadi keluarga gue berkunjung ke rumah keluarganya dendre gitu. Baru deh abis itu ngurusin everything that goes along with the wedding. Pertama tama of course milih gedungnya dulu. Kalo untuk akad nikah my mom wanted to have it in our house although me and my dad prefer to have it in a mosque. Gue lebih milih di masjid dengan alesan supaya lebih praktis aja dan nggak repot di rumah, tapi menurut nyokap gue kalo di masjid tuh kayanya pas balik ke rumah, di rumahnya kosong biasa aja, like nothing has happened gitu, lagian kalo di rumah biar lebih bersejarah gitu dan juga biar tali silaturahmi nya panjang soalnya kan seluruh keluarga kita pada dateng semua. Jadi ya udah, anything for my dear mom. Jadi tinggal milih gedungnya aja, we couldn’t afford to be picky considering most of the venue was booked already, especially on the weekend. And to make it harder for us to pick a venue was, for whatever reason, we are not allowed to have it in the hotel's ballroom. So, after checking out here and there..the choice went to Auditorium Manggala Wanabakti..it’s huge, the capacity is for 3500 people dan lokasinya juga strategis. Besides, the perks we got by renting from them were a lot, hehe.


So anyway, after that, baru deh ngurusin hal hal laennya such as catering, pelaminan, entertainment, who’s gonna be the MC, siapa yang bakalan ngasih sambutan, siapa yang bakalan mimpin doa, adatnya pake adat apa, dll. Dendre itu yogya sedangkan gue..hehe, I guess I’m a mixture of a lot of things, hehe..tapi yang paling strong ya arab dan betawi dari bokap dan arab sunda dari nyokap. So the decision was to go with my family’s culture for the akad nikah and dendre's culture with modifications here and there for the wedding reception. Iyaa, jadi nggak jawa jawa banget pas di gedung cause my dad had specifically said in the beginning that he ain’t wearing blangkon!!..haha….Jadi ya udah, so the dads were wearing regular black suits.


Ya udah pokonya banyak banget deh, I wasn’t involved with any of those arrangement but I could imagine how busy the moms were. Oh iya, nyokap2 kita itu di bantu sama para panitia. We didn’t hire any wedding organizer, tapi emang ada panitia khusus yang biasa nanganin pernikahan gitu yang terdiri dari orang orang kantor. Dan panitia ini bener bener ngurusin semua acara nya dari mulai acara pengajian, rapat panitia terakhir, akad nikah dan resepsinya. Jumlah seluruh panitianya sih banyak banget, sekitar 50 orang tapi yang bener2 intinya itu cuma ada 8 orang seperti penanggung jawabnya, ketua panitia nya, ketua ini itu lah. Sisanya ya seksi macem macem, ada seksi perlengkapan, seksi transportasi yang ngurusin dari mulai siapa yang jemput penghulunya, dan ini tuh penting banget karena udah banyak kejadian yang penghulunya tuh nggak dateng, ato nggak datengnya telaatt banget. Makanya penghulunya harus di tongkrongin di depan rumahnya dari pagi tuh, daripada nggak jadi kawin kan, hehe. Trus seksi transportasi juga bertanggung jawab ngatur yang jemput pengisi acara kalo ada yang perlu di jemput, siapa yang jemput tamu2 dari luar kota di airport ato di gambir, sewa bus lah ini itu. Trus ada juga seksi akomodasi yang bertanggung jawab atas akomodasi keluarga/tamu2 dari luar kota, seksi kesehatan, seksi acara, seksi keamanan, seksi konsumsi, dll. Konsumsi kan bukan cuma untuk catering pas pestanya aja, tapi juga buat orang2 yang nyiapin semuanya dari siang, buat penerima tamu yang udah di dandanin dari siang di gedung. Pokonya intinya they are responsible untuk semua event deh.


Trus juga, nyokap nyokap di ribetin dengan cari2 seragam, oh my god there are a lot of uniforms to be distributed, dari mulai keluarga cewe, keluarga cowo..keluarga aja beda kan ada keluarga inti dan ada extended family, penjaga buku tamu yang jumlahnya sekitar 15 orang, penerima tamu yang berdiri dari pintu masuk sampe depan pelaminan (50 lebih), buat among tamu (20), among tamu ini tugasnya untuk menjemput tamu2 VIP dari depan pintu masuk dan di antar sampe depan pelaminan trus ada yang jemput lagi di bawah pelaminan untuk di antar ke ruang VIP, hehe..spesial banget yaah..ya namanya juga VIP. Tamu VIP nya ada kurang lebih 50 orang, mereka2 itu yah orang2 yang di tuakan lah istilahnya dan juga orang2 yang super sibuk, makanya di beri perlakuan khusus, nggak perlu ngantri untuk ngasih ucapan selamat..tapi yah tentunya tanpa bermaksud merendahkan tamu tamu yang laennya dong..=). Oh iya, selaen VIP ada juga tuh tamu VVIP, kalo yang ini cuma ada sekitar 12 orang, bedanya..pas ngasih selamat gitu trus langsung foto bareng di pelaminan, karena hubungannya yang pasti lebih deket sama keluarga kita.


Trus juga ngurusin undangan(Again, undangan pengajian, undangan akad nikah (ini pun ada dua undangan untuk laki2 dan perempuan) dan undangan resepsinya), Foto Video, Perancang baju, pesen satu set tempat tidur juga untuk di kamar pengantinnya, hehe..dll. Cari souvenir, souvenir untuk pengajian (tas kulit hitam yang ada bordiran nama kita, isinya ada al quran, payung, dll), souvenir buat akad nikah (buku doa2 yg simple2 gitu), buat di gedung (yang ini sebenernya taplak meja kecil gitu, batik…dan ternyata undangannya nambah and there wasn’t enough time to reorder, jadinya sisanya di beliin compact mirror deh, hehe)


Ya udah deh pokonya itu semua udah rapi pas gue balik. Jadi pas gue balik itu tinggal semua yang emang bersangkutan sama gue kaya bikin baju! …tinggal sebulan lagi bajunya blom bikin sedangkan temen2 gue udah pada punya baju gitu. Ya udah, bolak balik fitting dan tiap hari badan gue ketusuk tusuk jarum pentuL..adoooh beneran deh, tersiksa banget. Selaen baju juga pesen cincin kawin dan gue yang baru tau gitu kalo cincin kawin modelnya tuh simple simple semua ya, dan gue juga baru tau kalo cincin kawin buat cewe dan cowo itu harus sama alias sepasang, hehehe. Trus juga baru tau kalo di inner ring nya tuh yang di tulis nama pasangannya.. Kita milih cincinnya sih in a matter of hours aja, nggak sampe yang berhari hari gitu. Tapi susah juga milihnya karena yang gue pingin itu terlalu girly, ya dendrenya nggak mau laah, hehehe..pokonya gue yang picky banget deh soalnya gimana..i think that’s one of the essential parts of the whole thing, cause that’s the only thing you can still wear after the wedding, even years after that and you’re going to wear the ring everyday so it should be the best it can be..=).


Hmm, abis itu juga ngurus ngurus paperwork sama KUA, nah yang ini rada telat, kita baru ngurusin seminggu sebelumnya. Nggak banyak kok paperworknya, paling ngisi data data diri dan orang tua aja dan ada questionnaire nya juga, salah satunya ada pertanyaan apa nikahnya tuh kemauan sendiri ato paksaan, hehe, trus di tanya sholat nggak, sehari berapa kali, dll gitu deh.Trus mas kawinnya apa aja. Ngurus KUAnya ini di KUA rumah perempuannya. Jadi pertama cowonya tuh harus ke kelurahan deket rumahnya dan minta keterangan numpang nikah gitu. Udah dapet semua surat surat nya, baru ke KUA di rumah si cewe trus baru deh di kasih paperworknya.


Trus ada juga make up test session, the make up artist was Ozzy Syahputra and he was goooodd, totally recommend him. Test sessionnya kurang lebih waktu 2 minggu sebelum hari H nya dan bener2 di make up as if you’re going to get married that day gitu, harusnya sih juga ada baju pengantinnya biar bisa di selarasin sama make up nya tapi waktu itu bajunya belom jadi. Believe it or not, malemnya resepsi siangnya baju gue baru jadi, hehehe. Trus di dandanin lengkap sama sanggulnya juga, cuma waktu itu dia nggak bawa bunga nya, jadi dia dengan asalnya metik bunga kembang sepatu di rumah gue dan di pakein ke kepala gue gitu. Selaen test make up session ada juga photo session, foto2 buat di taro di kamar pengantin sama di gedung.


Trus..ehh oh iyaa, beberapa hari sebelumnya kita juga di repotin soal dukun nganten. Hehe, ini sih istilah orang jawa aja yah, sebenernya si dukun nganten itu orang yang bertanggung jawab atas penganten tersebut. Jadi dari mulai ngeriasin, makein bajunya, masang masangin aksesorisnya, ngerik rambut (iya harus di kerik sedikit, buang sial katanya..tapi entah kenapa kok gue nggak jadi di kerik yah..? bingung) ngasih tau cara jalannya, trus kalo misalnya nanti kalungnya ada yang nyangkut ato kainnya kesingkap gitu pas di pelaminan dia yang betulin. Kalo ada upacara adat dia yang ngajarin semua dari cara sungkemnya, cara doanya dan semua tetek bengeknya deh. Dan katanya sih di dukun nganten itu sebelum hari H nya puasa dulu, dan ada doa doa/ritual khusus, jadi kaya pas masang sanggul gitu katanya ada doanya sendiri, sampe masang kembang goyang juga ada doanya sendiri. Tadinya kita nyantai2 aja thinking ozzy could do all that, tapi at the last minute kita baru tau kalo dia cuma ngerias muka dan sanggul aja, that’s it. Waduuh langsung deh kelabakan gitu. Soalnya susah juga nyari dukun nganten itu, apalagi dalam waktu 5 hari, duuh gimana coba. Waktu dulu pertama tama sih we were planning untuk make Ibu Tien Santoso but who are we expecting her to be available 4 months before, orang aja banyak yang nentuin tanggal kawin according to her availability gitu.. apalagi kebetulan someone I know emang udah booking dia untuk hari yang sama.. so she was out of the list. Trus, pilihan kedua itu Tante Yustine, untung aja she was available and didn’t feel under estimated even though we contacted her only a few days in advance.


Beberapa hari sebelumnya juga ada rapat panitia terakhir, jadi seluruh panitia were there termasuk semua orang2 yang bersangkutan kaya wakil dari pengisi acara, mc nya, wakil dari dokumentasi, dari catering, dll. Rame juga, trus pas itu distribusiin buku panduan panitia nya juga. Yang isinya chronological eventnya, jam segini sampe segini harus ngapain dan jalannya gimana, posisi masing masing gimana, list nama nama panitia nya, tugasnya, nama2 penerima/penjaga buku tamu, nama2 tamu VIP nya, semuanya deh..dll. Gue aja kaget banget sampe segitu rapihnya panitia nyusun acaranya, waktu presentasinya sampe pake slide projector segala di bikin power pointnya untuk semuanya dari denah gedungnya, nanti pengantennya dimana, jalannya lewat mana, belok mana dan pas jam berapa menit keberapa harus nyampe pelaminannya dan pas saat penganten nyampe mana musiknya harus nyala, dll dll…pokonya banyak banget deh. Jadi udah kaya visual rehearsal gitu.


Trus, dua hari sebelum Akad nikah di adain pengajian di rumahnya dendre. Banyak juga yang dateng, ada sekitar 150 orang, ibu ibu semua. Isi pengajiannya ya ada ngaji bareng, ada ceramah tentang memasuki dunia rumah tangga, dan juga ada doa bersama gitu. Pas itu terharu banget, seneng juga..banyak yang doain, trus pas terakhirnya semuanya pada berdiri dan gue sama dendre yang ngelilingin ruangan, salaman sama semua orang sambil minta doa restu sambil di iringi shalawat nabi yang di nyanyiin sama semua tamunya. That was pretty phenomenal…and tears were almost streaming down my face.


Trus persiapan setelah itu..hihi ini dia yang di tunggu tunggu, jadi gue ikut yang namanya bridal ekslusif treatment. Jadi itu emang paket khusus perkawinan. Dari mulai facial, luluran, mandi bunga, di steam pake wangi wangian gitu, waxing, bleaching, massage, manicure and pedicure, semuanya deh, sama yang terakhir tuh I got my hands and my feet painted with Henna (mehndi). I did this the night before the akad nikah and it was a mistake, harusnya di kerjain a couple days before cause you have to leave the henna paste in your hands and feet for like 12 hours until it dries, and since they started the painting around 6 in the evening (and it took 2.5 hours to finish the painting), meaning I had to let it stay the whole night. Jadinya yang nggak bisa tidur soalnya takut berantakan hasilnya…hehe……


Man this is a lot and this is only the preparation..tsk tsk..emang ngurusin kawinan itu super ribet banget, padahal the actual ceremony and the reception only take a couple hours, persiapannya aja yang berbulan bulan.....jadi gimana after reading all of these..masih pada mau kawin nggak??..hehe.......Ah ya udah berarti tentang hari H nya menyusul besok……..

You Might Also Like

0 comments