Finding Nemo, I mean, Motivation on How to Start & Grow Your Business

Belum lama ini di Instagram, melalui fitur Questionnya, gue melakukan Q&A tentang entrepreneurship. Pertanyaan terbanyak adalah, dan ini belum gue jawab di Instagram, tentang bagaimana caranya memotivasi diri untuk terus semangat mengerjakan bisnisnya atau meraih mimpinya? 


Kenapa belum dijawab di Instagram? Karena pertama,  jujur gue bingung sih jawabnya, terutama kalo jawabnya harus diketik lewat hp dan Instagram yang mana harus sesingkat mungkin, kan. Kedua, gue juga nggak tau sih jawabannya karena gue sendiri kayanya nggak pernah melakukan sesuatu yang spesial  untuk memotivasi diri. Lalu motivasi itu datangnya dari mana? Pastinya dari diri sendiri sih, tapi selama menjalani bisnis kan selalu ada lah hal-hal yang terjadi yang bisa terus-terusan menghidupkan api semangat untuk gue. Nah mungkin hal-hal itu aja ya yang gue share. 

Btw, sebelumnya mau menyamakan arti dari motivasi itu sendiri ya.

Motivation 
= 
The reasons for acting or behaving in a particular way. 


Jadi, dari artinya sih udah jelas banget dong ya bahwa motivasi adalah THE WHY, the reasons, the purpose, the intention on why we decide to become an entrepreneur or to do the things we want to do in life. Jadi ‘kenapa’ , alasannya dan motifnya harus kuat dulu. 
Contohnya nih ya, misalnya kamu mau bikin bisnis katering…motifnya itu bisa jadi hal-hal di bawah ini: 
- Karena memang hobi dan jago masak - memasak
- Karena menemukan kepuasan ketika pelanggan merasa terbantu dengan adanya katering kita karena hidup mereka jadi lebih mudah, gak perlu ribet pesan go-food atau lewat OB, misalnya
- Karena mau membantu supplier2 sayur dan daging yang menghidupkan banyak karyawannya
- Karena pengen punya schedule sendiri yang nggak saklek 9 to 5 di luar rumah  karena bisa masak di waktu subuh, ada di rumah ketika anak berangkat sekolah, trus santai siang di rumah ketika makanan catering sudah diantar 
- Karena pengen memberdayakan ibu-ibu rumah tangga di sekitar rumah biar punya penghasilan sendiri (jadi mereka yang bantuin masak, motong sayuran, dan lain sebagainya)
- Karena suatu saat pengen punya restoran, jadi bikin katering kecil-kecilan adalah sarana belajar
- Karena punya cita-cita untuk mengedukasi orang-orang di Indonesia tentang makanan sehat
- ....
- ........dan masih banyak lagi!

Jadi, sebelum kita memulai sesuatu, apalagi bisnis ya yang akan mengubah hidup kita, butuh modal banyak, perlu komitmen dan perjuangan tiada akhir…WHY nya ini harus jelas banget.

And if you notice, none of the WHY above is ‘karena pengen cepet kaya!’. Kenapa nggak ada hal-hal yang berhubungan dengan uang? Karena bisa jadi uangnya gak kelihatan hilalnya terutama di awal-awal. Dan yang namanya bisnis itu kan selalu ada naik dan turunnya. Nah trus ketika lagi turun gimana? Pasti cepet putus asa kan karena WHYnya (si uang yang bisa bikin mabuk kepayang itu...*dapat salam dari teh Nicky!) nggak bisa kita dapatkant. Kalo kita punya WHY lain yang di luar uang, hal-hal itu lah yang akan jadi bensin untuk kita supaya kita tetap bisa gaspol terus karena kita menemukan kepuasan di luar $$$. Walaupun pasti butuh $$$ tapi ternyata uang itu bukan segalanya karena ada ternyata ada kebutuhan kita yang lainnya yang bisa terpenuhi dari bisnis tersebut. Kebutuhan untuk bisa bermanfaat buat orang lain, kebutuhan untuk berkarya, kebutuhan untuk menggali potensi diri, membuka diri untuk networking, punya wawasan lebih and progressing in life. 

Jadi, kalo belum apa-apa kita sering putus asa, balik lagi ke WHY nya deh. WHY did you start the business in the first place? 

Apakah WHYnya itu harus ditentukan sebelum memulai bisnis? Sebaiknya sih IYA dan itu bisa bertambah sesuai dengan perjalanan kita. Contohnya nih. Waktu gue memulai Female Daily, awalnya kan hanya sebuah blog sederhana aja, dan pastinya ketika memulai gue nggak punya WHY yang banyak. Alasannya kenapa gue buat blognya simple aja sih...



- Karena gue senang menulis dan sharing, udah blogging dari 6 tahun sebelumnya so it was about time to write something that is more focus. Dulu dari blogging terasa banget manfaatnya, jadi kenal banyak teman-teman dari Indonesia, jadi punya dokumentasi tentang hidup gue sendiri, jadi bisa refleksi diri, etc. It was a form of therapy for me. 

- Karena gue seneng banget ngutak ngatik website. Jadi merasa tertantang aja untuk bikin blog yang lebih keren, belajar html, etc.

- Karena ada banyak teman-teman di Jakarta yang nanyain lagi musim apa di Amerika? Apa yang lagi trend? Baru beli apa? Ada apa yang lucu di Mall? daripada gue jawabin satu-satu kan, mendingan share aja di blog dan mereka tinggal baca blognya 😃

So that was my WHY in the beginning. Jadi bukan karena $$$, kalo karena $$$ pasti gue nggak akan sabar ngerjain itu sampai 2 tahun sebelum akhirnya mendapatkan penghasilan dari FD. I was just happy doing it. Trus setelah komunitas FD terbentuk sampai sekarang, baru deh mendapatkan WHY yang lain yang bikin gue bisa bertahan sampai sekarang. Apa aja? Alhamdulillah banyak. Antara lain..

- Gue menemukan BANYAK teman baru di FD karena memang kan sering ketemu dengan member2 FD setiap event. Dan yang udah join dari awal juga masih dekat sampai sekarang, masih suka ketemu, suka chatting, follow2an di Instagram. Beberapa dari mereka punya journey yang sama juga, hamil bareng dan lain-lain. Selain dengan member, klien juga banyak yang jadi teman sehingga kalo meeting selalu terasa fun. 

- Selain gue menemukan banyak teman baru, gue juga happy banget melihat member2 FD yang menemukan teman2 baru di FD. Bukan sekedar teman basa basi yaa but they become friends for life. Punya teman dekat pastinya menyenangkan dong untuk semua orang. I’m just grateful I have the chance to connect them to one another. Oh and the smiles I see in their faces whenever we have event, especially #JakartaXbeauty give us assurance that we are doing the right thing. Oh ya trus bukan hanya teman, ada yang menemukan partner business di sini sampai ketemu jodoh!

- Gue bahagia banget bisa ketemu anak-anak muda berprestasi dan idealis berkarya di FDN. Mereka ini ambisius, menghasilkan karya-karya keren, kreatif. I’m thankful to have the chance to see them grow, dari waktu masih intern/baru lulus and flourish into a leader in their own respective fields. Bangga banget ngeliat mereka sharing di depan ratusan orang tentang pekerjaannya masing-masing. Bahagia luar biasa kalo bisa memberikan first time experience buat mereka. First time visiting Europe, first time visiting Afrida, first time visiting New York. The content team travel schedule is packed for the next few months! Bisa ngeliat mereka jalan-jalan dengan gaji mereka aja gue ikutan seneng. Trus ngeliat mereka ketawa2 di pantry, ngeliat kedekatan mereka lewat insta story aja sudah menjadi kebahagian yang HQQ. 


- Gue bersyukur bisa membuka rejeki untuk banyak orang. Kaya di forum kan ada bagian Marketplaza yang membolehkan para member untuk berjualan. This was far before instagram ya, jadi memang nggak ada tempat berjualan online. Banyak lho yang menghasilkan uang yang sangat2 lumayan di forum FDN. Yang omzetnya 500jt perbulan juga ada!  Sekarang ini kan FD udah kerjasama dengan ratusan brand beauty, baik International brand maupun lokal brand. Jumlah klien FD dari brand beauty semakin banyak, spending mereka di FD juga semakin besar. Rasanya udah boleh dibilang kalo mereka merasakan impact dari berkolaborasi dengan FD. What impact? Pastinya beragam, mungkina da yang merasa FD bisa mempromosikan brandnya, Memberikan citra yang baik terhadap brandnya, memperluas customer base dan juga menaikkan angka salesnya. Senang kan kalo tau apa yang kita kerjakan memang punya impact yang bagus untuk partner-partner kita. KPI mereka tercapai, penjualan beauty meningkat, local brands semakin berjaya, beauty industry berkembang, roda ekonomi negara terus berputar. 


- Gue sangat sangat menikmati semua prosesnya. It’s not always smooth sailing tapi kalo melihat 10 tahun lalu FDN itu cuma 3 orang dengan kantor sebesar 3 x 3 meter dan sekarang udah berkembang jadi 60 orang dengan kantor seluas 1000 meter itu kan, wow, ternyata yang gue lakukan selama ini berkembang lho. Ternyata banyak yang percaya dengan FDN, ternyata usersnya terus bertambah secara organik, jumlah klien juga semakin banyak, event2 yang kita bikin juga makin beragam. Kalau dulu kita bikin 12 event selama setahun, sekarang 12 dalam sebulan! So knowing that the business is growing keeps me going :)


- Gue mendapatkan kedamaian ketika tau apa yang kami buat di Female Daily bermanfaat untuk orang banyak. Ada 2 juta perempuan yang mengakses FDN web setiap bulannya, juga jutaan orang  yang menonton FD Youtube, lebih dari 1/4 juta orang yang mendownload FD app dan mereka menemukan informasi yang mereka cari di semua platform kami. Banyak yang merasa terbantu dengan adanya konten kami, banyak yang feel empowered, merasa terinspirasi, jadi lebih positif, lebih semangat, ngerasa lebih cantik, lebih percaya diri. Konten di Mommies Daily juga banyak yang lebih menyentuh lagi secara emosional karena pembahasannya seputar anak, perjalanan kehamilan, karir dan keluarga. Nggak sedikit lho yang menemukan sekolah idaman untuk anaknya lewat diskusi yang ada di MD. Banyak yang merasa tercerahkan dari sekedar membaca artikel atau menonton video yang kami buat. Hampir setiap hari kami menerima pesan terima kasih dari yang sudah merasakan faedahnya langsung. Kalo udah tau banyak orang yang 'bergantung' sama kita, gimana sempet mikirin putus asa, yang ada malah mikirin ‘trus kalo FD nggak ada, di mana orang2 ini akan menemukan informasi yang tepat?’.

- Untuk personal development gue sendiri juga terasa banget kok. Gue jadi orang yang terus-terusan belajar, jadi lebih pinter, lebih percaya diri, lebih produktif dan efisien. Network gue juga jadi lebih luas, banyak kenal dari junior level sampai CEOnya. Selain itu juga lebih punya empati, kontrol diri, pengen bisa lebih baik lagi supaya bisa menginspirasi lebih banyak lagi

Jadi hal-hal di atas itu selain menjadi WHYnya gue juga menjadi GOAL gue. Pengen bisa berkontribusi lebih banyak lagi, pengen bisa memfasilitasi lebih banyak lagi anak-anak muda yang keren2 untuk berkarya di FDN, pengen bisa berkolaborasi lebih impactful lagi dengan semua yang ada di beauty industry, pengen menginspirasi jutaan orang lainnya lagi. Buat gue, GOAL ini penting. banget. Dan karena ini penting banget buat gue, motivasi itu hadir dengan sedirinya dari dalam hati, nggak perlu dicari lagi karena gue tau I'm doing something important for myself and I'm on my way to achieving it. Kalo elo masih butuh motivasi untuk mengerjakan mimpi elo, monmaap, tapi mungkin mimpi elo itu nggak penting buat elo.  

And you see, lagi-lagi WHYnya nggak ada hubungannya dengan $$$. Alhamdulillahnya ada sih peningkatan dari sisi pendapatan tapiiiiii kalo motifnya cuma $$$ gue bisa mendapatkan 3 kali lipat dari gaji yang sekarang dengan bekerja sebagai professional. Dalam lubuk hati yang paling dalam pastinya ada lah harapan untuk bisa mendapatkan $$$ yang fantastis suatu saat nanti. Namanya juga  bisnis kan bok, nggak mungkin nggak berharap dari sisi materi. Tapi kapan itu akan terjadi kita nggak akan pernah tau, akan terjadi atau enggak juga kita nggak tau.

I guess when you know you are doing what you meant to be doing, you have a bigger purpose and believe that what you build is an industry game-changer that will scale to the highest altitude, and you are enjoying every bit of it, the last thing you care about, as long as your basic needs are covered, is making more money for yourself. You just believe the best is yet to come. Amin.



So tell me what's your WHY?




Share this:

,

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment