Walt Before Mickey

September 04, 2017

Akhir-akhir ini lumayan banyak berita nggak enak di dunia startup dan di bisnis in general. Ada e-commerce besar yang tutup, ada perusahaan media yang tidak bisa membayar gaji karyawan berbulan-bulan, ada startup yang udah mengurangi 70% karyawannya, ada yang udah tutup, ada yang runwaynya tinggal 6 bulan, ada perusahaan besar banget yang menutup beberapa unit bisnisnya dan memulangkan puluhan karyawannya dan masih banyak lagi. Sedih dan merinding banget sih dengarnya, dan tentunya juga bikin deg-degan.

 Makanya pas banget sih weekend kemaren nonton film Walt Before Mickey ini, film yang menceritakan perjalanan Walt Disney dari kecil sampai akhirnya menciptakan Mickey Mouse dan sukses. Yupe, it wasn't an overnight success. In fact, he went through two big failures in the process. Gagal sampai nggak bisa bayar gaji, ditinggalin teamnya dan juga nggak bisa bayar sewa kantor dan rumah. Jangankan untuk sewa kantor, untuk makan aja nggak ada sampai-sampai dia nyari makanan dari tong sampah. Ajaibnya dia nggak kapok sih, malah pindah ke California, dan mulai usaha lagi dengan modal pinjaman dari omnya. Gagal lagi dong karena kurang mengerti term-term di bisnis yang akhirnya dia nggak punya copyright atas karyanya sendiri.


Film ini harus banget sih ditonton sama para entrepreneur atau yang tertarik untuk jadi entpreneur. Buat saya, film ini seperti memberi reassurance bahwa yang namanya bisnis memang penuh dengan ups and downs. Ya emang udah tau juga siih sebenernya tapi kalo liat true story seperti ini jadi lebih tenang aja. It makes whatever problems I've been facing look so small compare to what he has gone through.

Film ini juga mengingatkan saya lagi dengan kekuatan mimpi besar kita, bahwa dreams do come true seperti yang ada di lagunya Cinderella 'Have faith in your dreams and someday your rainbow will come smiling through through. No matter how heart you are grieving, if you keep on believing, the dream that you wish will come true'.

Film ini membuat saya sadar bahwa di manapun dan apapun mimpi kita, akan selalu ada the naysayers, yang menganggap kita aneh, ngeyel dan nggak bisa ngukur kemampuan. Dan kadang-kadang orang yang meragukan kita itu justru dari keluarga sendiri. But don't let that discourage you ever because it's actually not their fault they can't see your vision because that dream is meant for you and only you, it's there for you to pursue, not for them and that's why they can't understand.

Film ini juga meyakinkan saya bahwa salah satu yang paling penting untuk dimiliki seorang entrepreneur adalah: resilient or the ability to withstand challenges and recover quickly after difficulty. Seperti yang dibilang Uncle Walt, "All the adversity I've had in my life, all my troubles and obstacles, have strengthened me. You may not realize it when it happens, but a kick in the teeth may be the best thing in the world for you".

Here's to develop more resiliency in life. I do hope that character runs deep in me as my mom and my grandma are the most resilient women I know. I can't thank them enough for being strong for me.

Anyway, must watch movie! Semoga ada kelanjutannya ya 'Walt after Mickey' karena saya penasaran challenge apa lagi yang dia hadapi ya dan bagaimana dia bisa survive the great depression and world war II!


You Might Also Like

0 comments