you're only as good as the people around you

February 20, 2007

do you believe in those words?..i know i do..kayanya setelah di pikir pikir memang bener deh kalo sedikit banyak orang orang di sekitar itu berpengaruh pada perkembangan kepribadian kita, tanpa kita sadari. makanya, memang perlu banget banget untuk surround ourselves with good, positive people. udah ada lumayan beberapa contoh yang saya lihat, dan bahkan juga pernah mengalami nya sendiri.

contohnya waktu di perth dulu, i was surrounded by wonderful friends, temen yang baik baik banget, baik dalam arti haha hihi, maksudnya they were nice to me but they weren't a very positive, success-oriented people. they were not winners. jadi yang hidupnya santai santai aja lah, gimana nanti. sebenernya kalo untuk jadi temen aja nggak pa pa sih, tapi kalo untuk jadi deket banget dan setiap hari bergaul nya sama yang itu itu aja, those behaviors are going to rub on you little by little dan tanpa di sadari, tau tau kita jadi salah satu dari mereka. makanya akhirnya saya memutuskan untuk pindah aja, i'm still friends with them now, but i'm glad i decided to get out of that zone before it was too late.

setelah itu baru deh saya lebih hati hati berteman, i started to become not easily attached with new people. trus juga..hmm..memang ini kedengerannya silly banget,tapi ya ada lah masanya di mana kita mengagumi orang orang cantik, keren, gaya, gaul..kayanya yang 'enak bener yaaa jadi mereka'..dan trus jadi yang pingin bertemen sama mereka. dulu dulu waktu jalan, misalnya clubbing atau ke tempat pergaulan lainnya..saya mikirnya.."will they like me?"..yang jadi mati gaya sendiri, takut nggak di terima di lingkungannya mereka. kalo sekarang justru mikirnya beda cause i know i won't like them, so i could really careless about that..heheh.

untung aja sih selama di amerika kayanya kebanyakan saya ketemu nya sama orang orang yang positive. moving here was the turning point in my life, dimana saya lebih belajar banyak tentang nilai dan arti kehidupan, tentang bermacam ragam personaliti orang, lebih peka terhadap sekeliling dan mencoba untuk menyerap dan menelaah apa yang saya lihat dan dengar. belajar dari pengalaman, baik pengalaman sendiri atau orang dan lebih menghargai hal hal kecil di sekeliling. di sini juga tempat di mana saya bertemu dan berteman dengan semua kalangan, dari beragam negara, dan usia yang semua nya di sini untuk mengejar sesuatu, entah ilmu, entah mimpi, entah uang atau pengalaman, yang jelas semuanya pekerja keras yang benar benar menghargai waktu dan kesempatan yang mereka dapat dan belum puas dengan apa yang sudah di capai.

it was a totally different scene, sesuatu yang mungkin nggak akan pernah saya lihat kalau saja saya nggak keluar dari lingkungan yang lama. makanya, sekarang saya cuma bisa kasih pesen aja ke ade saya, get away from negative people and the go-nowhere types, yang nggak bikin kamu tambah pinter kalo bergaul sama mereka. trus juga mendingan jauh jauh sama orang yang punya banyak masalah deh, seperti sekolah yang nggak selesai selesai, hutang sana sini, problem sama si ini dan si itu. just associate yourself with positive people, people who have goals, who know what they want to do and where they are going.

negative people biasanya don't know where they are going, and they criticize a lot, they condemn and complain. they tend to see the ugly side of something and they blame everything but themselves untuk masalah masalah yang menimpanya. memang bener kok, orang yang bermasalah itu biasanya cuma bisa fokus sama kejelekan kejelekan orang aja, semua orang di omongin, semua orang ada jeleknya, karena mereka seneng ngeliat orang yang ternyata juga jauh dari sempurna, it makes them feel better and superior about themselves. i have encountered people like that too, and i feel relieve now that i don't interact with them anymore.

tahun kemaren juga bener bener jadi learning experience buat saya, i learned alot, and i mean A LOT last year. saya melihat sendiri bagaimana orang yang tadi nya baik, rajin, ramah dan kayanya berhati mulia berubah jadi si pencari masalah, tau tau jadi pembenci karena orang lain adaaa aja salahnya di mata dia, jadi dia yang tadi nya temennya banyak tau tau jadi terkucilkan. dan semuanya terjadi karena dia salah bergaul, bergaulnya sama orang yang picik.

makanya saya hati hati banget sekarang sama jibran. saya nggak mau nanti dia tumbuh jadi orang yang hanya bisa melihat perbedaan antara dia dan orang di sebelahnya, tanpa mau tau kesamaannya. jadi sekarang kalo ada temen seumurannya, saya selalu fokuskan pada kesamaan di antara mereka.."look jibran, you have the same color of shoes"..bukan yang "look, he has red hat and you have blue hat"..yah dari yang kecil kecil aja lah, mudah mudahan sih jadi bisa membentuk cara pikirnya dia.

ngomong ngomong tentang orang yang bisa merubah prilaku kita, ternyata nggak di perlukan satu gank kok untuk itu, satu orang aja udah cukup untuk bikin semuanya jadi berbalik 180 derajat. misalnya pacar atau pasangan hidup. contoh nyatanya aja tuh britney spears..heheh..yang tadi nya ibarat dunia udah ada di dalam genggamannya, cantik, tajir, beken, powerful dan di puja berjuta juta abg..trus ketemu si k-fed yang nggak jelas begitu, and look at her now?!..

waktu ke jakarta kemaren, saya juga males ketemuan sama temen temen yang nggak begitu deket. kalo dulu kayanya ayo ayo aja deh ketemuan, tapi kalo sekarang mikir mikir lagi deh. secara yaaa jakarta itu macett, is the meeting worth the hours spent on the road and the stress you have to endure to find a parking spot?..mau ngobrolin apaan pas ketemuan sama si orang itu? kayanya kalo nggak ada valuable info yang bisa di ambil sih duuhh males benerr...hehe, sombong banget ya gue..ya abwesss kalo ngobrol yang nggak jelas ya buang buang energi aja.

is it wrong if i just want to surround myself with the people i want to be like?

You Might Also Like

5 comments

  1. well, gak salah samsek lah klo ksini2 qta makin pilih2. makin tua kan makin byk yg dah qta lewatin, jd qta tau apa yg cucok utk qta 'n apa yg gak. hidup itu kan pembelajaran. mknya klo ada org yg makin tua gak makin wise, sayang bgt yah...jd kynya hidupnya dia lwt gtu aja.you know, Han...you're one of them whom I admire in your way thinking. you're young, yet so mature 'n wise...rarely to find thou (apalagi klo dibandingin sama org2 sini yg seumuran elo gtu...hardly to find I can say). 'n I'm proud to be your friend.

    ReplyDelete
  2. ahh ria..why are you think so highly of me??! *jadi malu sendiri*..heheh...enggak lah gue masih jauh dari wise lagi..i still have a lot to learn. and btw, i'm not young (anymore)..heheh. you're much wiser and much more mature than me..and i'm proud to be your friend tooo..*hugs*...

    ReplyDelete
  3. Ella: hihi, always love your long comments girl..:D. maksud gue untuk stay away dari negative people itu nggak sampe yang extreme gitu lho bu, hangout ya nggak pa pa sekali kali, main main juga nggak pa pa..tapi kalo kalo bisa sih jangan sampe yang jadi deket karena bukan nggak mungkin kalo kita jadi kebawa bawa, apalagi untuk anak abg yang masih labil. makanya perlu banget untuk punya support system yang bagus, supaya kita bisa liat mana yang bener mana yang enggak. memang sih it's good ya to learn from our own mistake and experience, but i think it's even better kalo kita bisa belajar dari kesalahan dan pengalaman orang lain. and it's all about mental and knowing your priority, yang cuma bisa di dapet dari orang orang yang bisa kasih kita good influence, dengan itu nanti nanti nya biarpun kita ketemu orang yang kaya gimana juga jadi nggak goyah lagi.memang banyak orang orang yang bermasalah tapi sebenernya hati nya baik, tapi yang gue maksud di blog itu ya negative people all around lah, yang memang hati nya juga busuk..and somehow trying to drag you down to their level..kalo yang kaya gitu sih asli gue ngeliat mukanya juga udah malesshhh...heheh...iya bener yang elo bilang kalo semakin gede kita kan semakin dewasa dan lebih ngerti kekurangan orang, and that's exactly what i said on my post kalo orang orang yang negative itu biasanya cuma bisa fokus ke kejelekan orang aja..orang beda sedikit sama dia di bilang aneh, padahal kan most of the time, we just have to agree to disagree..heheduuh jadi panjang juga deh balesannya..elo siih..hehe..iya nih kangen, besok gue coba online dhe ya..=)fitri: belajar apa mbak? belajar kalo H&M itu bajunya bagus bagus ya?..hehehe.....oh iya kan maunya di panggil tante fitri yaaa...heheh..

    ReplyDelete
  4. hihihi...eh bu, elo nonton grey's anatomy gak? seriously...elo kalo nonton, tau si Cuddy kan?gue somehow suka perhatiin cara dia berpakaian. mostly cashmere cardigan and pencil skirt gitu yg bener2 fitted ama bodynya. interesting tops semua...lucu2, very sophisticated, and look sleek. gue suka aja. eh, cari pencil skirt itu susah ya?? especially yg fitted with our body. udah gitu yg pas fall nya di knees or above the knees gitu loh or slightly below the knees gitu. gue kyknya liat dimana2 jarang deh. any ideas on how to get those? but not the one that rip off ya hehehe...and trus gue gak mo khaki material or bahan2 yg lightweight gitu, preferably tailored made, yg fallnya bagus deh...so i think it must be a lil bit heavy materials ya...hihihi sori nih wrong comment in wrong site of urs hahahah (shld post it in ur socialitee) tapi gue pengen ninggalin disini aja. kayaknya gayuanya Cuddy itu cocok aja buat gue...and ngantor...so sleek and sophisticated and not cheap...trus bisa color coordinate gitu, mix n match kalo kita punyanya banyak.

    ReplyDelete
  5. Mbak Han,berteman sih ama sapa aja, tapi kalo yang deket... kan insting kita bisa memilih. Contohnya, saya dulu di SMA bertemen dengan sapa aja, trus pernah ikutan gaul ama gank mana aja. Tapi at the end, yang bener2 bisa searah, sepikiran, dan bener2 kita percaya, tersaring dengan sendirinya (mana yang gw spent time the most).kalo orang jawa bilang, kalo bisa jadi orang tuh kayak bunga teratai. biarpun tumbuhnya di kolam yang indah di tengah forest park, di lumpur bau, di got, di sungai, tapi toh kita tetep indah mekar berseri (sadieessss.. hahaha)Rasulullah s.a.w. juga pernah engingatkan kita, teman tuh emang punya pengaruh besar terhadap kita.'bergaul dengan penjual ikan, kita akan bau ikan. bergaul dengan penjual parfum, kita akan bau parfum'.Makanya pilih2 itu higly recommended.Processnya, yaa.. semuanya masuk saringan. tar yang tersaring aja yang jadi the chosen one(s).:)btw, iyah.. baca blog ini, terutama ttg cerita mbak Han di Ostrali, ttg 1 orang yang bisa mengubah segalanya:it's such an inspiration! I totally agree.

    ReplyDelete