Feeling Like Home with Airbnb

Sejak tahun 2015, kalau traveling bersama keluarga, berempat, pasti saya menginap di airbnb. Kenapa? Ada banyak alasannya, antara lain....

  • Jibran sekarang umurnya 14 tahun, udah masuk kategori dewasa menurut hotel. Susah kan cari hotel 1 kamar yang bisa menampung 3 orang dewasa + 1 anak kecil. Nggak mau juga maksain pakai ekstra bed karena pasti akan sempit dan berantakan. Solusinya harus sewa 2 kamar, atau ya yang levelnya suite mungkin? Tapi mahal kan. 
  • Lebih murah! Dengan harga yang lebih murah dari hotel bisa dapat apartemen bagus, 2 kamar, ada dapur untuk bikin breakfast atau nyimpen makanan di kulkas, mesin cuci dan juga fasilitas gym serta kolam renang.
  • Senang karena berasa kaya orang lokal, nggak berasa turis. Biasanya kan daerah apartemennya bukan di daerah touristy ya, jadi bisa melihat kehidupan orang-orang lokalnya. Salah satu hal seru adalah belanja di supermarket deket apartemen trus pulang nenteng2 grocery, haha. Trus karena saya juga lumayan suka interior desain jadi happy aja liat apartemen bagus, bisa untuk inspirasi dekor rumah.
Banyak sih alasan2 lain kenapa menginap di airbnb, dan jangan salah, consnya juga pasti ada. Tapi kapan-kapan deh dibahas, sekarang mau share foto-foto airbnb yang kami pernah menginap aja :)


ROME
Ini pengalaman Airbnb pertama kita. Apartemen 2 kamar dengan gaya bangunan klasik Itali gitu, dalamnya sih cukup modern lah ya walaupun tetep nggak ada AC sih, haha. Kayanya kebanyakan rumah di Eropa (at least yang saya tau di Itali, Prancis dan Belanda) memang nggak ada AC nya deh. Liftnya juga kecil banget, kayanya cuma muat 2 koper dan pintu liftnya mesti kita tutup sendiri. Karena kita nggak pernah ke Roma sebelumnya, jadi nggak familiar dengan daerahnya. Lokasinya agak jauh sih dari tempat-tempat wisata dan lumayan sepi.



LA
2 lantai, 2 kamar dan 2 kamar mandi. Waktu itu sepupu saya datang 2 orang dari Florida dan masih cukup banget dong tempatnya. Dapurnya luas dan lengkap banget seperti layaknya rumah sendiri. Memang apartemen ini sebenernya masih dihuni yang punya, tapi dia lagi ada kerjaan di negara lain kalo nggak salah, jadi apartemennya disewain. Untungnya sih barangnya dia nggak banyak, hanya ada 1 sisi baju2 dia di lemari dan beberapa foto-foto. Paling enak sih sebenernya sewa airbnb yang memang khusus untuk disewakan aja, jadi experiencenya lebih kaya hotel. Furniturenya juga lebih baru dan mereka biasanya pake agent juga, jadi semuanya sudah dikelola secara professional.



LONDON 2016
Senangnya bisa tinggal di apartemen khas London. Kalo dulu pas ke London cuma bisa ngintip-ngintip aja kalo lewat akhirnya bisa ngerasain juga. Ini lantainya yang di basement jadi kalo buka curtain keliatan kaki-kaki orang lewat :D. Apartemen ini mungil sih, cuma 1 kamar, tapi di ruang tamu ada sofa bednya. Oh ya di belakang kamar ada pationya juga, tapi nggak pernah dipake duduk-duduk juga  karena dingin! Karena waktu itu sempet melipir ke Manchester dan Liverpool, jadi pas balik ke London lagi kami nginep di Airbnb yang berbeda. Tapi itu fail sih karena nggak sama dengan yang di foto! Kalo hotel kan ya enaknya, at least you'll know itu kamar akan berbentuk kotak/persegi panjang standard. Nah apartemen kan beda. Bisa aja pas di foto bagian kamar dan ruang tamunya keren-keren aja. Tapi ternyata kamarnya itu ada di bagian belakang dan harus ngelewatin lorong panjang yang gelap dari ruang tamunya. Atau kamar mandinya pas di foto sih ok-ok aja tapi aslinya gelap dan kecil banget.  Jadi sebaiknya pilih yang segala sudutnya terlihat di foto, deh.



LONDON 2018
Sama seperti apartemen di London sebelumnya, neighborhoodnya enak banget sih ini. Tinggal jalan kaki ke Hyde Park. Trus cuma 1 blok aja dari keramaian dan hampir semua toko ada deh kaya Whole Foods, Boots, Coffee Shops dan segala per shoppingan. Apartemen ini kayanya baru di refurbished karena masih terasa baru banget. Kalo gak salah pas kami sewa memang belum ada reviewnya deh saking barunya. Trus karena di lantai 4 dan banyak jendelanya, jadi terang banget. I love the kitchen and its island. Sempurna sih apartemen ini buat kami, kamar dan kamar mandinya juga ada dua.







  • PARIS
    One of the stylist apartements we have ever rented. Bagus banget sih dekornya, kalo yang lain kan ya terlihat modern aja dan furniturenya standard IKEA. Kalo ini terlihat lebih mahal :D. Lokasinya juga juara sih, tinggal jalan kaki ke Eiffel tower. Gue lupa di lantai berapa, tapi cukup tinggi untuk melihat pemandangan khas Paris yaitu atap-atap rumah warna putih. Jadi pemandangan waktu lagi nyuci piring di dapur itu indah banget..haha.











    SAN FRANCISCO
    Kalo di Amerika kan rumahnya besar-besar tuh. Selain ukurannya memang luas, dari sisi bangunan juga maksimal. Ada basement dan lantai atasnya juga. Nah unit airbnb ini ada di ground level dari rumah 3 tingkat. Sayang nggak ada foto lengkapnya, tapi dapur dan fireplacenya homey banget yaaa. 


    SINGAPORE
    Dua kali nih di Singapore tinggal di apartemen yang sama walaupun beda unit. Tahun lalu di unit yang 1 kamar, tapi sofanya bisa dibikin jadi sofa bed. Tahun ini dapat yang 2 unit. Bentuknya persis sama sih, begitu juga dengan fixture/dapur dan detil-detil lainnya. Furniture juga kurang lebih sama. Yang ini enaknya pas di atas Outram Park MRT. Memang sih kalo ke Orchard harus transfer sekali, tapi di daerah sini cukup rame sih banyak restoran dan coffee shop (Nylon, Strangers Reunion, Populus coffee). Ke Chinatown juga cuma 2 block aja, kalo mau jalan beberapa block lagi nyampe ke Clark Quay dan Marina Bay Sands :D. Pas kita check out kemaren pas housekeepernya datang untuk bersih-bersih dan ternyata housekeepernya juga orang Indonesia. Katanya bosnya punya 5 unit di situ yang memang khusus untuk disewain.










    There is actually one more airbnb that we have stayed in and it's actually the best ever sih so far...dan....itu di Indonesia lho! I'll save it for my next post ya karena foto2nya banyak :D

    So how about you? Pernah nginep di Airbnb nggak? How's your experience so far? 

    Share this:

    CONVERSATION

    1 comments:

    1. hai mba bolehkah minta link airbnb nya yg di sg? thanks in advance

      ReplyDelete